Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Singaraja

Desak Made Citra Manili, I.W. Subagia, D.M. Citrawathi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Singaraja, yang berfokus pada: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) penilaian pembelajaran, dan (d) faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran dengan silabus yang berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dan RPP yang berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, (b) Pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan; (c) Penilaian hasil belajar siswa untuk aspek pengetahuan sudah baik, tetapi penilaian sikap dan keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan kompetensi guru, kurikulum darurat, ketersediaan buku di perpustakaan, alat-alat laboratorium dan jaringan internet sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi guru kurang berpengalaman merancang pembelajaran dalam jaringan, interaksi dan motivasi belajar siswa yang rendah, dan keterbatasan jaringan dan kuota internet.


Keywords


Pandemi Covid-19, Pembelajaran IPA, Pengelolaan

References


Ariyana, Y., Pudjiastuti A., Bestary, R., & Zamroni. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Depdiknas. (2010). Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG MGMP. Jakarta: Depdiknas. https://docplayer.info/34475067-Prosedur-operasional-standar-penyelenggaraan-kkg-dan-mgmp.html. Tanggal akses 28 Juni 2021

Dos B., E. Bay, C. Aslansoy, B. Tiryaki, N. Cetin, & C. Duman. 2016. Academic Journals 11 (22). Tersedia pada https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1120996.pdf. Tanggal diakses 24 Juli 2021

Ekantini, A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 5 No. 2 Tahun 2020. Tersedia pada http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/3511. Diakses pada 14 Desember 2020.

Gading I K., W. Suja, I K. Sudarma, D.G.H. Divayana, & I W. Widiana. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Mulyasa, H.E. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyawan, B. 2013. Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/viewFile/453/371. Diakses pada 28 Juni 2021

Napsawati, 2020. Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Karts: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Vol 3 No. 1 Tahun 2020. Tersedia pada https://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546. Diakses pada 14 Desember 2020.

Nusabangsa, H. M. 2020. “Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Seririt”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, UNDIKSHA

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta. Tersedia pada https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. Diakses pada 5 Oktober 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta. Tersedia pada https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf. Diakses pada 5 Oktober 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta. Tersedia pada https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf. Diakses pada 28 Juni 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtibadiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsunawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta. Tersedia pada https://bsnp-indonesia.org/nomor-24-tahun-2007-3/. Diakses pada 28 Juni 2021

Pratiwi, A. 2013. Pengaruh Pelaksanaan MGMP IPA Terpadu dan Supervisi Akdemik oleh Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru IPA SMP/MTs se-Kota Magelang. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 2 No. 2 Tahun 2013. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/564/0. Diakses pada 28 Juni 2021.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Tersedia pada https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397. Diakses Tanggal 30 November 2020.

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. 2020. Jakarta. Tersedia pada https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus. Diakses pada 5 Oktober 2020.

Sinaga, L., Harahap K. R. P., Sihaloho C. A. P. Y., & Bukhari I. 2020. Analisis Strategi Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi IPA Selama Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia Vol 1 No. 1 Tahun 2020. Tersedia pada https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/19433. Diakses pada 14 Desember 2020.

Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Kostruktif). Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tersedia pada https://www.dapodik.co.id/2019/12/download-surat-edaran-mendikbud-nomor.html. Diakses pada 5 Oktober 2020

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Penyebaran Corona Virus Diseases (Covid-19) https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Diakses pada 5 Oktober 2020

Surat Edaran Sekretaris jendral Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 2020. Jakarta. Tersedia pada https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2.pdf. Diakses pada 5 Oktober 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38137

Article Metrics

Abstract view : 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.