Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP

Authors

  • Desak Made Citra Manili Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I.W. Subagia Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38137

Keywords:

Pandemi Covid-19, Pembelajaran IPA, Pengelolaan

Abstract

Pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), proses pembelajaran konvensional di satuan pendidikan digantikan dengan pembelajaran secara online. Permasalahan baru muncul dari pembelajaran IPA secara online seperti kondisi pembelajaran yang kurang kondusif, kesulitan guru menyampaikan materi pembelajaran, dan kesulitan siswa memahami materi, khususnya materi perhitungan. Untuk mengatasi masalah ini peran guru sebagai pengelola pembelajaran IPA sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19, yang berfokus pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus yang berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dan RPP yang berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019; (b) Pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan; (c) Penilaian hasil belajar siswa untuk aspek pengetahuan sudah baik, tetapi penilaian sikap dan keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan kompetensi guru, kurikulum darurat, ketersediaan buku di perpustakaan, alat-alat laboratorium dan jaringan internet sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi guru kurang berpengalaman merancang pembelajaran dalam jaringan, interaksi dan motivasi belajar siswa yang rendah, serta keterbatasan jaringan dan kuota internet.

Author Biographies

Desak Made Citra Manili, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

I.W. Subagia, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

Desak Made Citrawathi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

References

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do Social Features Help in Video-Centric Online Learning Platforms? A Social Presence Perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.

Angela, T. (2014). Challenges to Meaningful Learning in Social Studies – The Key Competences as an Opportunity to Students’ Active Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 192–197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.142.

Bulent, D., Erdal, B., Ceyda, A., Betul, T., Nurgul, C., & Cevahir, D. (2016). An Analysis of Teachers Questioning Strategies. Educational Research and Reviews, 11(22), 2065–2078. https://doi.org/10.5897/err2016.3014.

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1002.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Dibia, I. K., & Adiasih, M. M. (2017). Penerapan Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 1(1), 72. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11442.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning During COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Ekantini, A., Sunan, U., Yogyakarta, K., & Hayati, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. E-Learning yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, 5(2), 187–194. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-04.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a Social Regulation-Based Online Learning Framework on Students’ Learning Achievements and Behaviors in Mathematics. Computers and Education, 160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429.

Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.

Khachfe, H. H., Chahrour, M., Sammouri, J., Salhab, H. A., Makki, B. E., & Fares, M. Y. (2020). An Epidemiological Study on COVID-19: A Rapidly Spreading Disease. Cureus, 12(3). https://doi.org/10.7759/cureus.7313.

Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 112. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.291.

Kkese, E. (2020). Mcgurk Effect and Audiovisual Speech Perception in Students with Learning Disabilities Exposed to Online Teaching During the COVID-19 Pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in Teacher Education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009.

Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494.

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the Effectiveness of Online Learning Tools for Energy Performance Certificates Preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Mei Indiarini, N. M. R., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Starter Experiment Approach (SEA) terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Mulyawan, B. (2012). Pengaruh Pengalaman dalam Pelatihan terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Undiksha, 11, 45–65. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/download/2574/1315.

Muslimah, I., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial pada Outdoor Learning di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158–168. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7204/8041.

Napaswati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah COVID-19 (Studi Kasus Peserta Didik MTS DDI Seppange Kabupaten Bone). Karst Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546.

Oyedotun, T. D. (2020). Sudden Change of Pedagogy in Education Driven by COVID-19: Perspectives and Evaluation from a Developing Country. Research in Globalization, 2(June), 100029. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IIa SDN 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105.

Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.

Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Di masa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669.

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.

Putra, A. D., Abdurahman, & Nursaid. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 1–9. https://doi.org/10.24036/8609-019883.

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137–148. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/download/2574/1315.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student Perception Data on Online Learning Using Heutagogy Approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Saputri, N., Adlim, A., & Inda Rahmayani, R. F. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik untuk Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 114–124. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444.

Sinaga, L., Harahap, K. R. P., Sihaloho, C. A. P. ., & Bukhari, I. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi IPA selama Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia, 1(1), 29–33. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI/article/view/19433.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654.

Syihabuddin, S., Damaianti, V. S., Apriliyani, N. Y. A., & Istianingrum, R. (2018). Perencanaan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Apresiasi Sastra Anak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 22. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2205.

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing/article/download/607/329.

Winangun, I. M. A. (2020). Penguatan pendidikan karakter melalui literasi berbasis kearifan lokal. 4(2), 114–122. https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/69.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Manili, D. M. C., Subagia, I., & Citrawathi, D. M. (2021). Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 362–375. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38137