Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Entrepreneur Mahasiswa

Authors

  • Ahmad Arif Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Ganefri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Wawan Purwanto Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Wagino Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Nuzul Hidayat Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Muslim Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54354

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Minat Entrepreneur

Abstract

Rendahnya minat entrepreneur mahasiswa yang disebabkan oleh kecerdasan emosional mahasiswa yang rendah dan hasil belajar kewirausahaan masih di bawah nilai ketuntasan terendah. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode korelasional dengan jumlah sampel 75 mahasiswa menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Ketiga variable sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian diuji melalui deskripsi dan uji inferensial. Uji deskripsi mengukur rata-rata, nilai terendah, nilai tertinggi, median dan standar deviasi yang sebelumnya dicari uji prasyarat (normalitas, homogenitas, dan multikolinearitas). Pengujian hipotesis dengan pengujian regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kontribusi kecerdasan emosional terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 48,9%, kontribusi hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 28,8% dan kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa adalah 52,7%. Kesimpulannya bahwa terdapat kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Implikasi penelitian ini diharapkan meningkatkan minat entrepreneur mahasiswa dengan memperhatikan kecerdasan emosipnal dan hasil belajar mahasiswa.

References

Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2410.

Aqil, D. I., Hudaya, A., & Setiawati, N. A. (2021). Pengembangan Modul Bioteknologi Berorientasi Kewirausahaan Guna Meningkatkan Minat Enterpreuner Siswa SMA/MA. Edusains, 13(1), 15 – 24. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.15198.

Efendi, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NW Keruak Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.157.

Fajri, I., Riamanda, I., Mirza, M., & Rachmatan, R. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Orang Tua Terhadap Motivasi Wirausaha Pada Mahasiswa Akhir Unsyiah. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3(1), 37–58. https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.37-58.

Gusmardiansah, & Rifdarmon. (2021). The Effect Of The Implementation Of Industrial Field Experience On Enterprise Interest In Automotive Engineering Students Faculty Of Engineering Padang State University Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap Minat Berwirausaha pada Mah. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2(1), 21–32. https://doi.org/10.24036/aeej.v2i1.35.

Haneberg, D. H., Aaboen, L., & Middleton, K. W. (2022). Teaching and facilitating action-based entrepreneurship education: Addressing challenges towards a research agenda. The International Journal of Management Education, 20(3), 100711. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100711.

Hartini, H., Normiyati, & Wardhana, A. (2022). Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, dan Self-esteem serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Manajemen, 13(2), 150 – 164. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v13i2.5625.

Lattacher, W., Gregori, P., Holzmann, P., & J.Schwarz, E. (2021). Knowledge spillover in entrepreneurial emergence: A learning perspective. Technological Forecasting and Social Change, 166, 120660. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120660.

Lee, J.-Y., & Sook-Young Kim. (2021). Mediating effects of emotional intelligence and resilience on the relationship between type D personality and caring ability in nursing students: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 16, 105151. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105151.

Liang, I., & Natsir, K. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(3), 481–480. https://doi.org/10.52421/fintax.v1i1.130.

Murniati, M., Sulistyo, S., & Yudiono, U. (2019). Pengaruh kepribadian, pengetahuan kewirausahaan, kreativitas dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i2.3908.

Naor, R., Nabarro, R., & Isaacson, M. (2021). Entrepreneurs’ views of the gerontech market. Technology in Society, 67, 101710. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101710.

Nugraha, A. B., Dharmayana, I. W., & Sinthia, R. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Bullying. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.79-90.

Okwuduba, E. N., Nwosu, K. C., Okigbo, E. C., Samuel, N. N., & Achugbu, C. (2021). Impact of intrapersonal and interpersonal emotional intelligence and self-directed learning on academic performance among pre-university science students. Heliyon, 7(3), e06611. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06611.

Olokundun, M., Moses, C. L., Iyiola, O., Ibidunni, S., Ogbari, M., Peter, F., & Borishade, T. (2018). The effect of non traditional teaching methods in entrepreneurship education on students entrepreneurial interest and business startups: A data article. Data in Brief, 19, 16–20. https://doi.org/10.1016/j.dib.2018.04.142.

Popescu, L., Iancu, A., Avram, M., Avram, D., & Popescu, V. (2020). The role of managerial skills in the sustainable development of SMEs in Mehedinti County, Romania. Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/su12031119.

Purbaningrum, C. W. D., & Soenarto, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dengan Prinsip The Great Young Entrepreneur Di Smk Untuk Kurikulum 201. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 15. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8112.

Rhosa, E., Sulistyarini, S., & Sumartono, B. G. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Kelas XI SMK Panca Bhakti Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37881.

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995.

Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berentrepreneur. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 135 – 143. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654.

Sulistyowati, E. E., Utomo, S. H., & Sugeng, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Di Lingkungan Keluarga, Pembelajaran Kewirausahaan Di Sekolah, Serta Achievement Motive Terhadap Minat Kewirausahaan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11). https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8126.

Susanto, R., Rozali, Y., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers: Pedagogical Knowledge, Reflective Ability, Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. The Journal of Educational Research, 7, 2032–2124. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010.

Sutrisno, A. B., & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal Of Learning Education and Counseling, 3(2), 221 – 229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580.

Tambak, S., & Sukenti, D. (2019). Strengthening Linguistic And Emotional Intelligence Of Madrasah Teachers In Developing The Question And Answer Methods. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 43(1), 111 – 129. https://doi.org/10.30821/miqot.v43i1.672.

Tantrayana, I. P. A., & Putra, D. K. N. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 133–145. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32805.

Udjang, R., & Subarjo, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(1), 64–75. https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1.675.

Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.

Walmsley, A., & Wraae, B. (2022). Entrepreneurship education but not as we know it: Reflections on the relationship between Critical Pedagogy and Entrepreneurship Education. The International Journal of Management Education, 20(3), 100726. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100726.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 171–175. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10977.

Yeh, C. H., Lin, H.-H., Wang, Y.-M., Wang, Y.-S., & Lo, C. W. (2021). Investigating the relationships between entrepreneurial education and self-efficacy and performance in the context of internet entrepreneurship. The International Journal of Management Education, 19(3), 100565. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100565.

Yulita, Muhamad, S., Kulub, N., Nor, A. R., Hussain, E., & AkhirNizamAhmat, N. H. M. (2020). Resilience as a moderator of government and family support in explaining entrepreneurial interest and readiness among single mothers. Journal of Business Venturing Insights, 13, e00157. https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2020.e00157.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Arif, A. ., Ganefri, Yulastri, A. ., Purwanto, W. ., Wagino, Hidayat, N. ., & Muslim. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 458–465. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54354