Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa

Authors

  • Mulyanto Mulyanto Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31491

Keywords:

Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim, Hasil Belajar Simulasi, dan Komunikasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah terhadap hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri yang berjumlah 153 orang siswa.  Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan test hasil belajar. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik berupa korelasi dan regresi yang akan digunakan untuk pengujian hipotesis-hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis keempat diperoleh nilai statistic signifikansi pada uji F sebesar 30,560 dengan probabilitas 0,000, karena nilai probabilitas tersebut kecil daripada alpha 0,05 atau pada taraf kepercayaan 95%. Untuk uji dua pihak, dengan Ftabel didapat sebesar 2,766. Diperoleh nilai Fhitung>Ftabel maka H0 ditolak, artinya bahwa terdapat kontribusi antara disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Dengan terdapatnya korelasi yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar, efikasi diri dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar sebesar 62,1%.

References

Arsil, A., Yantoro, Y., & Sari, R. (2018). Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6753.

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.

Cahyono, L. E., Budiwibowo, S., & Murwani, J. (2015). Analisis penerapan 8 standar nasional pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo kabupaten Madiun. Jurnal Akutansi Dan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jap.v4i2.684.

Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014.

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381.

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang Dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892.

Juhrani, Hardi Suyitno, K. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Ujmer, 6(2), 251–258.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Santiari. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149.

Santoso, M. (2015). Korelasi Penggunaan Media, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(2), 149. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.36.

Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923.

Soprapto, S. (2013). Landasan aksiologis sistem pendidikan nasional Indonesia dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 266–276. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Mulyanto, M., Purwanto, W., Maksum, H., & Indrawan, E. (2021). Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31491

Issue

Section

Articles