Video Pembelajaran Tata Surya untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Taufik Hidayat Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57639

Keywords:

Video Pembelajaran, IPA, Tata Surya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk video pembelajaran pada muatan pembelajaran IPA topik sistem tata surya untuk siswa kelas VI yang telah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunaan model ADDIE dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan karena adanya keterbatasan dari segi waktu, finansial dan sumber daya. Subjek uji coba penelitian ini adalah video pembelajaran pada muatan pembelajaran IPA topik sistem tata surya. Objek penelitian ini adalah validitas dari media video yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala lima. Data hasil penilaian media kemudian dianalisis mengunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media yang dikembangkan. Data hasil rata-rata skor dari ahli isi materi diperoleh sebesar 4,53 dengan kualifikasi sangat baik, hasil rata-rata skor ahli media pembelajaran diperoleh sebesar 4,61 dengan kualifikasi sangat baik. Kemudian dari hasil penilaian guru diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 4,07 dengan kualifikasi sangat baik. Selanjutnya data hasil uji coba perorangan diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 4,78 dengan kuaifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji validitas oleh ahli, praktisi dan siswa maka dapat dinyatakan bahwa video pembelajaran pada muatan pembelajaran IPA topik sistem tata surya untuk siswa kelas VI dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Akhmad AR, A. R., Bayu, G. W., & Sudatha, I. G. W. (2021). Video-Based Learning on PPKn Education with the Topic of Symbols and Meanings of Pancasila. International Journal of Elementary Education, 5(3), 384–392. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36703.

Artaga, R. C. (2021). Mastery of Science Concepts Improves Scientific Attitude in Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 606–612. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.37897.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530 – 2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.

Goestiani, N. M. R. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Pop-Up Book Media on Animal Life Cycle Topic. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39541.

Komuro, N., Hashiguchi, T., Hirai, K., & Ichikawa, M. (2021). Predicting individual emotion from perception-based non-contact sensor big data. Scientific Reports 2021 11:1, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41598-021-81958-2.

Kusumawati, N. P. Y. S., Jayanta, I. N. L., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Learning Video: Efforts to Improve the Quality of Natural Resource Learning for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(3), 461–470. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.35548.

Lestari, K. A., Suranata, K., & Bayu, G. W. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418.

Mahardita, I. G. L., & Japa, I. G. N. (2022). Video Pembelajaran pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46709.

Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551.

Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412–421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.

Putri Wangi, I. D. A. N., & Gede Angung, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 150–159. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.

Sari, T. N., & Ghoni, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Melalui Game Interaktif Berbasis Paliber (Papan Lingkar Berputar) Pada Materi Ekosistem. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1540 – 1546. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8566.

Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading., I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940 – 1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Tika, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39869.

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Taufik Hidayat, Rati, N. W., & Laba Jayanta, I. N. . (2023). Video Pembelajaran Tata Surya untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 513–523. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57639