Improving Children's Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content

Authors

  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41464

Keywords:

digital content, information processing, cognitive, language

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran digital untuk tema-tema di PAUD memberikan hambatan terhadap guru dalam menyampaikan materi selama pembelajaran daring. Begitupula, siswa mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan guru selama pembelajaran daring tanpa menggunakan media. Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan dan menguji efektivitas konten digital dalam meningkatan kemampuan kognitif anak usia dini (AUD). Produk penelitian dikembangkan menggunakan model Hannafin dan Peck  yang meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan dan implementasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli yaitu ahli media sekaligus ahli desain pembelajaran dan 1 orang ahli konten pembelajaran di TK. Metode dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,  kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan wawancara dianalisis secara statistik deskriptif. Data yang diperoleh dari tes dianalisis menggunakan uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek desain, media, dan aspek isi produk yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dan konten digital efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Dengan demikian, konten digital berbasis teori pemrosesan informasi mampu memudahkan siswa mengingat dan memahami materi pelajaran selama pembelajan daring.

Author Biographies

I Komang Sudarma, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51. https://eric.ed.gov/?id=ED606496.

Albus, P., Vogt, A., & Seufert, T. (2021). Signaling in virtual reality influences learning outcome and cognitive load. Computers and Education, 166(January), 104154. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104154.

Amamah, S., Sa’dijah, C., & Sudirman. (2016). Proses Berpikir Siswa SMP Bergaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 237–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6128.

Arifah, R. E. N., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 617. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-Dasar animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Borg, W., & Gall, J. P. (2007). Educational research: An introduction. Pearson Education Inc., Boston.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438.

Chatzara, K., Karagiannidis, C., & Stamatis, D. (2016). Cognitive support embedded in self-regulated e-learning systems for students with special learning needs. Education and Information Technologies, 21(2), 283–299. https://doi.org/10.1007/s10639-014-9320-1.

Djangkali, N. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Berfikir/Kognitif Anak di Paud. Early Childhood Education Indonesian Journal, 2(1), 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31934/eceij.v3i1.2032.

Drigas, A., & Karyotaki, M. (2019). Attention and its role: Theories and models. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(12), 169–182. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i12.10185.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235.

Fauziah, P. S., Kusdiana, A., & S, R. W. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 106. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13754.

Firmansyah, H. A. P. R. (2020). Peranan Smarthphone dalam Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460.

Hamdi, M., & Hamtini, T. (2016). Designing an effective e-content development framework for the enhancement of learning programming. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(4), 131–141. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i04.5574.

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The design, development, and evaluatio of instructional software. Macmillan Publishing Company.

Hurlock, E. B. (1988). Perkembangan Anak. Eriingga.

Ibrahim, M., Antonenko, P. D., Greenwood, C. M., & Wheeler, D. (2012). Effects of segmenting, signalling, and weeding on learning from educational video. Learning, Media and Technology, 37(3), 220–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2011.585993.

Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267.

Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di SD. 4(1), 54–59.

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22.

Khafid, S. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 01.

Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261.

Kusaeri, K. (2017). Terbentuknya Konsepsi Matematika Pada Diri Anak Dari Perspektif Teori Reifikasi Dan Apos. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.244.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET), 6(2), 58–64.

Leppink, J. (2017). Cognitive load theory: Practical implications and an important challenge. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(5), 385–391. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2017.05.003.

Lloyd, K. B., & Jankowski, D. J. (1999). A cognitive information processing and information theory approach to diagram clarity: A synthesis and experimental investigation. Journal of Systems and Software, 45(3), 203–214. https://doi.org/10.1016/S0164-1212(98)10079-1.

Loc, N. P., Tong, D. H., & Duy, V. K. (2019). Using the information processing theory into teaching mathematics: A case study of “vector” concept. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1612–1616.

Mayer, R.E., Howarth, J.T., Kaplan, M. et al. (2018). (2018). Applying the segmenting principle to online geography slideshow lessons. Education Tech Research Dev, 66, 563–577. https://doi.org/. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9554-x.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational Psychologist. https://doi.org/10.1207/S15326985EP3801_6.

McCrudden, M. T., & Rapp, D. N. (2017). How visual displays affect cognitive processing. Educational Psychology Review, 29(3), 623–639. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9342-2.

Monica. (2010). Pengaruh warna, tipografi, dan layout pada situs. Humaniora, 1(2), 459–468.

Oktarina, Y., Nurhusna, N., & Saputra, M. A. A. (2019). Implementation of Blended Learning Through Smartphone-Based Applications in Disaster in Nursing Courses. Indonesian Nursing Journal Of Education And Clinic (INJEC). https://doi.org/10.24990/injec.v3i2.208.

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Sdn 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825.

Raiyn, & Jamal. (2016). The role of visual learning in improving students’ high-order thinking skills. Journal of Education and Practice, 7(24), 115–121.

Rasul, S., Bukhsh, Q., & Batool, S. (2011). A study to analyze the effectiveness of audio visual aids in teaching learning process at uvniversity level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 78–81. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.016.

Rehalat, A. (2016). Model pembelajaran pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625.

Riyanto, W. D. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning. (Utilizing Power Points for Students with Learning Disability). 1(1), 55–63.

Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The effectiveness of interactive multimedia in mathematic learning: Utilizing power points for students with learning disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400.

Rofi’ah, R. (2021). Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Conseils : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 52–57.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan. Kencana.

Spanjers, I. A. E., Van Gog, T., Wouters, P., & Van Merriënboer, J. J. G. (2012). Explaining the segmentation effect in learning from animations: The role of pausing and temporal cueing. Computers and Education, 59(2), 274–280. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.12.024.

Sternberg, R. J. (2006). Cognitive Psychology(4thed.). Thompson Wadsworth.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Talidong, K. J. B., & Toquero, C. M. D. (2020). Philippine Teachers’ Practices to Deal with Anxiety amid COVID-19. Journal of Loss and Trauma, 0(0), 1–7. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1759225.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Undiksha Press.

Teng, F. (2019). The effects of video caption types and advance organizers on incidental L2 collocation learning. Computers and Education, 142(April), 103655. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103655.

Torkar, G. (2021). Effectiveness of digital and paper-based identification keys for plants with slovenian pre-service teachers. European Journal of Educational Research, 10(2), 619–627. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.619.

van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2020). Self-regulated learning support in flipped learning videos enhances learning outcomes. Computers and Education, 158(July), 104000. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104000.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941.

Woolfolk, A. (2008). Educational Psychology (10thed.). Allyn & Bacon.

Yamin, M. R., & Karmila. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170.

Yuliandari, R. (2020). Pola Pendidikan Dan Pengasuhan Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 165–177.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.

Downloads

Published

2022-02-25

How to Cite

Sudarma, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Improving Children’s Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content. International Journal of Elementary Education, 6(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41464

Issue

Section

Article