Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60405Keywords:
talking stick, Motivasi BelajarAbstract
Hasil temuan dilapangan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong sangat rendah, hal ini dlihat dari kurang aktifnya siswa saat proses pembelajaran berlangsung dimana 80% siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan kurang adanya inovasi teknik pembelajaran yang digunakan, guru hanya menggunakan metode konvensional dengan teknik ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeftifan Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan non-equivalent pretes posttest control grup design, Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi, hasil pengundian dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen dan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test. diperoleh harga t-hitung > t-tabel (30.38 > 2.009) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,769 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,225. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA kelas V, sehingga teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Dengan diterapkannya teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah dapat membangkitkan semangat siswa untuk belajar. Melalui teknik pembelajaran talking stick akan diajak siswa untuk siap dan aktif dalam pembelajaran sehingga membuat motivasi belajar IPA menjadi meningkat, jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Putu Anik Yuniari Anik, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)