Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPA

Authors

  • Ni Putu Anik Yuniari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60405

Keywords:

talking stick, Motivasi Belajar

Abstract

Hasil temuan dilapangan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong sangat rendah, hal ini dlihat dari kurang aktifnya siswa saat proses pembelajaran berlangsung dimana 80% siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan kurang adanya inovasi teknik pembelajaran yang digunakan, guru hanya menggunakan metode konvensional dengan teknik ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeftifan Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan non-equivalent pretes posttest control grup design, Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi, hasil pengundian dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen dan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test. diperoleh harga t-hitung > t-tabel (30.38 > 2.009) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,769 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,225. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA kelas V, sehingga teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Dengan diterapkannya teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah dapat membangkitkan semangat siswa untuk belajar. Melalui teknik pembelajaran talking stick akan diajak siswa untuk siap dan aktif dalam pembelajaran sehingga membuat motivasi belajar IPA menjadi meningkat, jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Published

2023-12-29

How to Cite

Yuniari, N. P. A. ., Jampel, I. N. ., & Wibawa, I. M. C. . (2023). Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Motivasi Belajar IPA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60405