Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah terhadap Motivasi Belajar IPA

Authors

  • Ni Putu Anik Yuniari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60405

Keywords:

talking stick, Motivasi Belajar

Abstract

Hasil temuan dilapangan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong sangat rendah, hal ini dlihat dari kurang aktifnya siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeftifan Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan non-equivalent pretes posttest control grup design, Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi, hasil pengundian dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen dan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test. diperoleh harga t-hitung > t-tabel (30.38 > 2.009) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,769 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,225. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA kelas V, sehingga teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Melalui teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah akan diajak siswa untuk siap dan aktif dalam pembelajaran sehingga membuat motivasi belajar IPA menjadi meningkat, jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustiari, N. P. S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35519.

Aloahyt, Z., Taher, D. M., & Mas’ud, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terintegrasi Saintifik Berbantuan Media Charta Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 5(2). https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5353.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23.

Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173.

Damayanti, N. K. I. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(3). https://doi.org/10.23887/jpku.v5i3.22054.

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar I PS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349.

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447.

Galand, P. B. J., Setiawati, R., & Wahyuningsih, Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Talking Stick dalam Mewujudkan Hasil Belajar yang Meningkat pada Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11641.

Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. 272 Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271–284. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759.

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811.

Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Juariyah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 863–872. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1604.

Kamarudin, Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059.

Lestari, N. K. T., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290–297. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081.

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425.

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, I. K. N., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(2).

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.

Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Wahyuningsih, E. (2021). Penggunaan Beberan Charta Untk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.289.

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2513.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Yuniari, N. P. A. ., Jampel, I. N. ., & Wibawa, I. M. C. . (2023). Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60405