Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Putu Lusi Antari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Keywords:

E-modul, PjBL, Pembelajaran IPAS

Abstract

Rendahnya motivasi belajar yang berdampak langsung pada hasil belajar IPAS siswa. Pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi sehingga penyediaan modul ajar yang sesuai karakteristik siswa sangat perlu dikembangkan. Salah satu media yang sesuai dengan perkembangan TIK yaitu modul elektronik sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk  menciptakan E-modul Berbasis Project Based Learning pada pembelajaran IPAS yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 ahli materi, media, bahasa, siswa kelas IV sebanyak 32 orang, dan 6 orang guru. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dan tes. Instrumen penelitian ini meliputi lembar kuesioner validitas dan kepraktisan, serta tes hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas Sangat Valid dari ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. E-modul berbasis PjBL ini juga mempunyai tingkat kepraktisan sangat praktis serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV SD. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap pembelajaran khususnya bagi siswa dimana mereka dapat mengakses materi tanpa batasnya ruang dan waktu, serta dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526.

Darmawan, M. S., Daeni, F., & Listiaji, P. (2020). The use of quizizz as an online assessment application for science learning in the pandemic era. Unnes Science Education Journal, 9(3), 144–150. https://doi.org/10.15294/USEJ.V9I3.41541.

Dewi, P. S. (2021). E-Learning : Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. PRISMA, 10(1), 97. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1012.

Fatimah, H., & Bramastia, B. (2022). Literature Review Project Based Learning Berbasis TIK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7347–7356. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3782.

Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.201.

Hastari, G. A. W., Gede Agung, A. A., Sudarma, I. K., & Teknologi Pendidikan, P. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUTECH, 7(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008.

Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. (2020). the potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Computers & Education, 153, 103897. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103897.

Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808.

Ismanto, E., Vitriani, & Khairul Anshari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 17–24. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628.

Ismi, L. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Khairani, E., Maksum, H., Rizal, F., & Adri, M. (2022). Validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 71. https://doi.org/10.29210/30031489000.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Lestari, E., Nulhakim, L., & Indah Suryani, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345.

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.

Mutmainah, M., Aunurrahman, A., & Waneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217.

Nisrina, S H, Rokhmawati, R. I., & Afrianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning ( PjBL ) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(08), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451.

Nisrina, Salma Huwaida, Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning ( PjBL ) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(08), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nurradiati, N., Fitria, Y., Arief, D., & Mudjiran, M. (2021). Pengembangan Buku Ajar Tema 5 tentang Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Berbasis Model PJBL Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3224–3231. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1329.

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99–111. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27280.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.

Putra, R., Purwanto, W., Maksum, H., Irfan, D., Muslim, M., & Saputra, H. D. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Project Based Learning dalam Pembelajaran Teknologi Alat Berat. Rang Teknik Journal, 5(1), 164–173. https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.3068.

Rahmawati, Y. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Kompetensi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 293–300.

Ramadhanti, N., Rahmad, M., & Zulirfan. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-Modul IPA PjBL Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Materi Kemagnetan. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.720.

Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7271–7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470.

Rezeki, S., Halim, A., Nasrullah, N., Yusrizal, Y., & Ilyas, S. (2021). Implementasi Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 14–19. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.887.

Rezki, I. K., Karnando, J., & Tasrif, E. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.17.

Saputro, S., Perdana, R., Atmojo, I. R. W., & Nugraha, D. A. (2020). Development of science learning model towards Society 5.0: A conceptual model. In Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 012124. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012124.

Sari, L. P., Hatchi, I., & Siregar, D. A. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) yang Praktis Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(3), 87. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1188.

Satria Dewi Pendit, S., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 179. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941.

Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26–36. https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205.

Siregar, A. D., & Harahap, L. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem pada Materi Bentuk Molekul. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931.

Sriwindari, W., Asih, T., & Noor, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis PJBL (Project Based Learning) materi Daur Ulang Limbah Untuk Mengembangkan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 12–20. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpb/article/view/39.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2019). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 1, 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868.

Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13–22. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962.

Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408–7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526.

Widiastuti, R., Sitorus, M., & Jahro, I. S. (2021). Inovasi Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Hidrolisis Di SMA. SINASIS, 2(1), 397–402. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5370.

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman WEB Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 198–211. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8527.

Zahara Konita, R. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Antari, P. L., Widiana, I. W. ., & Wibawa, I. M. C. . (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)