Strategi Kreatif Media Cerita Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keterampilan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Kelas V

Authors

  • Cokorda Sri Pradnya Swari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63465

Keywords:

Membaca Pemahaman, Nilai-nilai Pancasila, Cerita Bergambar

Abstract

Keterampilan membaca harus dikuasai siswa di sekolah dasar karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kreatif media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment dalam bentuk non-equivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 199 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini meggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan memahami isi bacaan pada siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 3,357 lebih dari ttabel sama dengan 1,991, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap keterampilan memahami isi bacaan pada siswa. Implikasi penelitian yaitu penerapan media cerita bergambar bermuatan nilai-nilai Pancasila mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa.

References

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Alam, S. K, & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274–279. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Alam, Syah Khalif, & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Amanata, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 301–313. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition) sebagai salah satu strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203–211. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706.

Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619.

Hayati, N. (2021). Implikasi Aspek Keterampilan Berbahasa Indonesia Terhadap Linguistik Sinkronis Pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121–126. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187.

Kesumadewi, D. A., Gede Agung, A. A., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524.

Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-Book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68.

Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Mudiono, A. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Integreted Reading and Composition Di Sekolah Dasar. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 3–17. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13064.

Muftianti, A. (2018). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 178–186.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Nurdin, N., Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Sample Random Sampling Berbasis Android. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 141–156. https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di sdn sarakan Ii tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.

Nurlaili, U. (2020). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Karangrejo. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1491.

Pane, Aprida, & dkk. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 338. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pane, Apride. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Polih, N. K. S., Suardika, I. W. R., & Putra, D. K. N. S. (2013). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Gugus 6 Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1317.

Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian: Quesionnaire Emphaty. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.23887/jibk.v9i2.18009.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Rohmah, E. U. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Inkuiri pada Siswa SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1356–1361. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1465.

Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138.

Suastini, D. P., Zulaikha, S., & Manuaba, I. S. (2013). Pengaruh Teams Games Tournaments Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD Gugus VII. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1386.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514.

Sutono, S., & Pamungkas, A. P. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-Base. Media Jurnal Informatika, 12(2), 44. https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1225.

Syamsiani, S. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 35–44. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274.

Tantri, A. A. S. (2015). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2). https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051.

Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346.

Utomo, B. (2022). Analisis validitas isi butir soal sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah berbasis nilai-nilai islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4868.

Widiyarti, G. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iiimis Al Quba. Nizhamiyah, X(2), 56–63.

Wisudawati, W., & Sumardi, A. (2023). Pengembangan Modul Cerita Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Flipbook. Jurnal on Education, 05(04), 13789–13804. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2056.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zan, A. (2019). Penerapan Strategi Sq4R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 246–257. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.111.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Swari, C. S. P. ., & Sujana, I. W. . (2023). Strategi Kreatif Media Cerita Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Keterampilan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 433–442. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63465