Media Pop-Up Book Berorientasi Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Topik Sistem Pernapasan Hewan dan Manusia Kelas V SD

Authors

  • I Gusti Lanang Agung Pratama Wiguna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.64700

Keywords:

Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, Tri Hita Karana

Abstract

Peserta didik akan mudah bosan jika guru hanya menjelaskan materi secara abstrak tanpa adanya media pembelajaran yang nyata yang bisa membuat peserta didik lebih memahami meteri yang disampaikan Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media pop-up-book berorientasi THK untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik sistem pernapasan hewan dan manusia kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan non tes. Kajian produk berdasarkan hasil validitas media terhadap validator diperoleh persentase 91% dari 2 orang ahli materi, 94% dari 2 orang ahli media, 90 % dari 2 orang ahli bahasa, dilanjutkan dengan validator kepraktisan oleh 5 orang guru mendapat persentase 91% dan penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh 11 orang peserta didik SD sebesar 100%. Pengujian untuk efektifitas dari hasil uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (18,913 lebih dari 2,045) dan nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan Ha ditolak. Sehingga dinyatakan terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar IPA topik sistem pernafasan hewan dan manusia Berorientasi THK di Kelas V SD. 

Published

2023-12-29

How to Cite

Wiguna, I. G. L. A. P. ., Arnyana, I. B. P. ., Suastika, I. N. ., & Parwata, I. G. L. A. . (2023). Media Pop-Up Book Berorientasi Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Topik Sistem Pernapasan Hewan dan Manusia Kelas V SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.64700

Most read articles by the same author(s)