INTEGRASI BUDAYA LOKAL DALAM MUATAN SIKAP PEMBELAJARAN ANAK KELAS TINGGI PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11986Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) nilai sikap spiritual dan sosial pada pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku, (2) serta nilai budaya lokal dalam aktivitas umum anak kelas tinggi yang dapat digunakan untuk mengembangkansikap spiritual dan sosial pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan variabel nilai sikap, muatan pembelajaran, dan nilai budaya lokal. Subjek penelitian terdiri dari 11 narasumber yaitu budayawan,guru kelas dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pencatatan dokumen dan pedoman wawancara. Temuan penelitian menunjukkan: (1) muatan sikap spiritual yang muncul yaitu berperilaku syukur dan toleransi dalam beribadah. (2) Muatan sikap sosial yang muncul yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Nilai budaya lokal yang dapat digunakan untuk mengembangkan sikap spiritual dan sosial berupa: (a) permainan barong-barongan, poh-pohan, dan megoak-goakan. (b) Mendengarkan cerita Lubdaka, I Durma, dan Cupak Teken Gerantang. Gending rare ratu anom dan merah putih bendera titiange. (c) Salam budaya lokal berupa Om Suastiastu dan Om Santih, Santih, Santih Om. (d) Kewajiban bersembahyang berupa mebanten saiban dan mebanten canang. Berdasarkan temuan tersebut dihasilkan pemetaan aktivitas budaya lokal yang dapat digunakan untuk mengembangkansikap spiritual dan sosial pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku.Downloads
Published
2017-10-05
How to Cite
Wiratni, N. (2017). INTEGRASI BUDAYA LOKAL DALAM MUATAN SIKAP PEMBELAJARAN ANAK KELAS TINGGI PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11986
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)