INTEGRASI BUDAYA LOKAL DALAM MUATAN SIKAP PEMBELAJARAN ANAK KELAS TINGGI PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU

Penulis

  • N.M.Y. Wiratni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11986

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) nilai sikap spiritual dan sosial pada pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku, (2) serta nilai budaya lokal dalam aktivitas umum anak kelas tinggi yang dapat digunakan untuk mengembangkansikap spiritual dan sosial pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan variabel nilai sikap, muatan pembelajaran, dan nilai budaya lokal. Subjek penelitian terdiri dari 11 narasumber yaitu budayawan,guru kelas dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pencatatan dokumen dan pedoman wawancara. Temuan penelitian menunjukkan: (1) muatan sikap spiritual yang muncul yaitu berperilaku syukur dan toleransi dalam beribadah. (2) Muatan sikap sosial yang muncul yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Nilai budaya lokal yang dapat digunakan untuk mengembangkan sikap spiritual dan sosial berupa: (a) permainan barong-barongan, poh-pohan, dan megoak-goakan. (b) Mendengarkan cerita Lubdaka, I Durma, dan Cupak Teken Gerantang. Gending rare ratu anom dan merah putih bendera titiange. (c) Salam budaya lokal berupa Om Suastiastu dan Om Santih, Santih, Santih Om. (d) Kewajiban bersembahyang berupa mebanten saiban dan mebanten canang. Berdasarkan temuan tersebut dihasilkan pemetaan aktivitas budaya lokal yang dapat digunakan untuk mengembangkansikap spiritual dan sosial pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku.

Diterbitkan

2017-10-05

Cara Mengutip

Wiratni, N. (2017). INTEGRASI BUDAYA LOKAL DALAM MUATAN SIKAP PEMBELAJARAN ANAK KELAS TINGGI PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11986

Terbitan

Bagian

Articles