KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15003Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah adanya keragu-raguan peneliti antara model pembelajaran Discovry Learning dengan model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan menggunakan desain noneequivalent control grub desaign. Pengumpulan data mengunakan tekhnik pretest dan posttest. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas 4 SDN Musuk 01, kelas 4 SDN Musuk 02, dan kelas 4 SDN Kembangsari 01 berjumlah 81 siswa. Tekhik analisis data menggunakan uji ANCOVA.
Kata Kunci: Model Discovery Lerning, problem Solving, hasil belajar.
References
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan: Jakarta.
Mawardi & Desty Lusia Sari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make A Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria. 5 (3): 82-99.
Mawardi & Rismaerista Rini. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria. 5 (1): 103-113.
Agus, Suprijono, 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta.Pustaka Belajar.
Departemen Pendidikan Nasional, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar. Depdikbud. Jakarta.
Pepkin, K.L. 2004. http://www.mathematic.Transdigit.com/mathematic-article/creative-problem-solving-in-math.html
Djamarah, S. B., & Zein, Aswan. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
I Made Putrayasa, H. Syahruddin, I Gede Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha. 2(1): 121-137
. Ina Azariya Yupita, Waspodo Tjipto S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2): 0-216
Meiria Sylvi Astuti. 2015. Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Scholaria. 5(1): 10-23
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)