Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Daerah Bali melalui Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18067Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ubud di kelas XI P IPS 1 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Daerah Bali cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XI P IPS 1 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,16, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,58 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Daerah Bali siswa kelas XI P IPS 1 SMA Negeri 1 Ubud.
Kata kunci: Model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Prestasi Belajar Bahasa Daerah Bali
References
Agung, A.A Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2011. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjend Dikdasmen.
Dhanawaty ,Made. 2013. Perlunya Pembelajaran Bahasa Bali Yang Rekreatif Di Sekolah Dasar Multikultural Dan Multilingual .Jurnal Fakultas Sastra Universitas Udayana Madah, Volume 4, Nomor 2, Edisi Oktober 2013
Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha. Nasional.
Hasanah ,Mauizah. 2013 . Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Dan Learning Strategy Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan . Jurnal Biologi Edukasi Edisi 11, Volume 5 Nomor 2, Desember 2013
Karmawan. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Vol 4 No 1.
Komari ,Noor (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015
Rahmawati, Aulia. 2016. Penerapan Sq3r Berbantunan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Dan Hasil Belajar Siswa . Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016.
Ratminingsih , I Made. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Bali Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Bercerita Inovatif . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 1, April 2012
Suka Ardiyasa ,I Nyoman. 2012. Catatan Perjuangan Bahasa Bali dalam Kurikulum 2013 . Jurnal Kajian Bali Volume 02, Nomor 02, Oktober 2012
Sholeh , Badrus. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018 . Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 Oktober 2018
Syamsiah. 2012. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone . Jurnal Sainsmat, Maret 2012, Halaman 100-108 Vol. I, No. 1 ISSN 2086-6755
Usman, Raja. 2015. PENGGUNAAN Metode Sq3r Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahamaman Siswa Kelas Xi Sma Negeri 12 Pekanbaru . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Volume 4 Nomor 2, Oktober 2015
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)