Hubungan antara Locus of Control Internal dengan Perilaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18072Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi antara Locus of Control Internaldengan Perilaku Bullying pada siswa kelas X SosialSMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SosialSMA Negeri 1. Teknik analisis data yang digunakan adalahKendall’s Tau b. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X SosialSMA Negeri 1 Tengaranyang berjumlah 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala, Locus of Control Internaldan Perilaku Bullyingyang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori dari Rotter, (dalam Friedman & Schustack, 2006 ), dan teori dari Biden. B, (2008) menggunakan dasar teori dari Olweus (2003). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Locus of Control Internal dengan Perilaku Bullying siswa kelas X Sosial SMA Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci : Locus of Control Internal, Perilaku Bullying
References
Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa adahubungan yang signifikanantara Locus of Control Internal dengan perilaku Bullying kelasX Sosial SMA Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2018/2019,dengannilai =0,655 dengan koefesien signifikansi 0,000<0,01.
Saran-saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut :
Bagi siswa, peneliti mengharapkan agar dalam berteman atau bergaul siswa lebih meningkatan Locus of Control Internal sehingga dengan adanya Locus of Control Internal siswa mampu mengatur perilakunya agar terhindar dari perilaku yang menyimpang.
Bagi Guru, berdasarkan penelitian ini setelah guru mengetahui hubungan Locus of Control Internal dengan perilaku Bullyingdiharapkan guru dapat berperan dalam membantu siswa untuk menyadari perlunya Locus of Control Internal pada siswa. Selain memberikan dampak positif terhadap siswa, guru juga dihimbau untuk mengarahkan atau memberikan informasi sebanyak-banyaknya pembelajaran tentang pengembangan locus of control internal agar terhindar dari perilaku bullying.
DAFTAR PUSTAKA
Aini Zakiyatul & Kholifah Nanik, (2012).Pengaruh Locus Of Control Terhadap Perilaku Agresif Di Asrama “C” Pndok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan.(online). jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1111.
Astuti. R. P, (2008). Meredam Bullying : 3 cara efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. Jakarta:PT Grasindo.
Biden, B. (2008). Attorneygenetral.delaware.bullquesti.com. (Online). Diakses 24 Mei 2018.
Breet, L., Chris, M.,& Marie,.P.(2010). The Relationship Between the Perceptionof Own Locus of Control and Regression of Adolescent Boys.Soth African Journal of Education, Vol.30:511-526.
Carole . W & Carol . T , (2007).Psikolog. edisi ke-9.Jakarta:Erlangga
C. Audiana (2018). Pengaruh locus of control internal terhadap Perilaku Bullying di SMA Negeri 1 Cerme. Artikel Skripsi. Eprint.umg.ac.id. (Online) diakses 4 Februari 2019.
Coloroso, B. (2007). Surreyschook .ca/ schools/ elginpark.parents /PAC/ Document/Barbara Coloroso - The Bully, the bullied, and the bystander. (Online). Diakses 12 Mei 2018.
Coloroso, B.(2007).Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Diterjemahkan oleh Santi Indra Astuti.Jakarta:PT.Serambi Ilmu Semesta.
Duane, P. Schultz & Sydney E. Schultz , (2013).Sejarah Psikologi Modern. Bandung:Nusa Media.
Engko, C. & Gudono. (2007). Pengaruh Kompleksitas Tugas dan Locus of Control Terhadap Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Auditor.JAAI VOLUME 11 NO.2, Desember 2007 :105-124. (Online) diakses 19 Juli 2018. https://journal.uii.ac.id/JAAI/article/view/215.
Friedman, H. S, & Schustack, M. W. ( 2006 ). Kepribadian : Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta:Erlangga.
Geldard, K. (2012). Konseling Remaja: Intervensi Praktis Bagi Remaja Berisiko. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Greenberg, JS. (2006).Comprenhensive Stress Management: ninth edition. San Francisco: McGraw-Hill (Online) diakses 19 Juli 2018.https://markirschfield.com/.
Gunarsa. S. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Isna, Alfiani . N.G.S (2015). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2014/2015. Artikel Skripsi.Universitas Nusantara PGRI Kediri. (Online) diakses 17Juli.2018.http://sinki.umpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/11.1.01.01.0022.pdf
Kresnawan, J.D. (2010). Hubungan Antara Locus of Control dengan Strategi Coping Pada Santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang.(Skripsi tidak diterbitkan).Malang:UIN.(Online)diakses19Juli2018.ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/dowload/6490/5019.
Lipkins, S. (2008). Menumpas Kekerasan Pelajar dan Mahasiswa (Menghentikan Perpeloncoan di Sekolah/Kampus). Tangerang:Inspirita Publishing.
Marsitah & Manauli .I , (2012).Hubungan Kontrol Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying di SMP Swasta Budi Agung.Medan:Jurnal.Analitika.(Online) diakses 17 Juli 2018.http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/778
Masqiyah, Suci Putri. (2016).Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Bullying di SMP Madinatul Hadid dan SMP IT Raudathul Jannah.Yogyakarta. Jurnal. UII. Vol1,110.(Online)diakses17Juli2018.https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/196.
Neill, (2005). Locus of Control. (online), (http://www.wilderdom.com/games/desciption/Locus of Control Exercise.html.
Olweus, D. (2003). Bullying at School. USA: Blackwell Publishing.
________.(2007). What is Bullying. (Online). Tersedia: http://www.blues prings.scholls.net/olweusfacts. Diakses 24 Mei 2018.
Ormord . J, (2014).Psikologi Pendidikan:Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
SEJIWA. (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. (2011).Statistika untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta.
________. (2011).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Suharto, Tendik D. (2014). Pemanfaatan Role Play Untuk Mengurangi Bullying Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Kristen 2 Salatiga. Skripsi (tidak diterbitkan).Salatiga.FKIP UKSW.
Sumardjono & Yustinus. (2016). Teori Kepribadian.Yogyakarta:Ombak.
Sumargi, A & Kristi, A. (2017). Well-BeingOrang Tua, Pengasuh Otoritas, dan Perilaku Bermasalah pada Remaja.Jurnal Psikologi Volume 44 Nomor 3:Desember 2017.
Susanto, A, K. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta:Penerbit Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)