Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknologi Beton
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24170Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah media video pembelajaran untuk mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil dan mengetahui validitas, Praktis dan Efektif media video pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan IDI, melalui tahap penemuan atau analisis kebutuhan, program, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen validitas, instrumen praktikalitas, instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media video pembelajaran oleh validator, semua aspek dinilai “Valid”. Uji praktikalitas media video pembelajaran diperoleh dari respon mahasiswa pada jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, berada dalam kategori “Praktis”. Hasil uji efektifitas media video pembelajaran diperoleh dari nilai pre-test dan pos-test mahasiswa setelah mengunakan media video pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya media video pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Media, Teknologi Beton, Video Pembelajaran
References
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zulfikar, Dikki. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbahasa Inggris Pengolahan Makanan Kontinental Pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Jasa Boga. Tesis. Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva. Perss
Jaka Warsihna. 2009. Modul Pelatihan Pengembangan dan Pemanfaatan Konten Jardikans. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Departemen Pendidikan Nasional
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fiqhi ,Rahmat. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 1 Kecamatan Guguak. Tesis. Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Riduwan. 2012 Dasar-Dasar Statistika. Bandung: alfabeta
Sujar Pratopo. 2017. Perancangan Media Video Pembelajaran Uji Tarik Baja untuk Mata Kuliah Struktur Baja Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi. Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang
Sanaky, H. 2011. Media pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sanaky, H. 2013. Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian pendidikan.: Jenis, Metode dan Prosedur Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Sudjiono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sukiman. 2012. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia PT Pustaka Insan Madani.
Trimailuzi. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Rekayasa Batu Dan Beton Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang. Tesis. Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang
Mentari, Tyas Asih Surya. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Pada Mata Pembelajaran Tata Rias Wajah Karakter Program Studi Tata Rias Kecantian SMK N 6 Padang. Tesis. Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang
Universitas Negeri Padang. (2014). Buku Penyusunan Tesis dan Disertasi Program Pascasarjan. Padang: UNP.
Universitas Negeri Padang. (2014). Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang 2014/2015 Fakultas Teknik. Padang: UNP.
Universitas Negeri Padang. (2014). Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir/Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang: UNP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)