Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26436Keywords:
group investigation, media semi konkret, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media semi konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan non-equivalent control group design. Sebanyak 7 kelas dari 6 SD di Gugus VI Mengwi Badung tahun ajaran 2019/2020 menjadi populasi penelitian dengan jumlah 193 siswa. Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian sehingga memperoleh 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode tes dengan bentuk tes obyektif digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data menggunakan uji-t polled varians yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Adapun analisis data yang diperoleh yaitu thitung = 4,728 > ttabel 2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk = 65, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel. Maka dari itu terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus VI Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90.
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Aditya Media Publishing.
Ardiawan, I. K. N. (2019). Implementasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. 43–50. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
Artini, A. S. V., I Wyn. Sujana, & Wiyasa, I. K. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.
Artini, Pasaribu, M., & Husain, S. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1).
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen Dan Analisis Data (1st ed.). Rajawali Pers.
Darsana, I. M. P., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 61–72.
Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 264–271.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Hartina, T., Mahrus, M., & Hadiprayitno, G. (2020). Analisis Pengaruh Frekuensi Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA (The Effect of Frequency of Out-School Learning Activities and Learning Motivation on Student’s Science Learning Outcomes). SEJ (Science Education Journal), 3(1), 15. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2133
Haryono, H. E. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Toward Results of Learning Science Materials of Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1772
Haswan, F., & Al-hafiz, N. W. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Riau Journal Of Computer Science, 3(1), 31–40.
Irmeilyana, Ngudiantoro, Affandi, A. K., Setiawan, A., & Windusari, Y. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Matematika, IPA, Dan Seni Bagi Pendidikan Dan Pengembangan Kreatifitas Anak Di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. 4(1).
Kisworo, D. A., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Perbedaan Efektivitas Group Investigation Dengan Problem Based Learning Terhadap Kerjasama Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Gugus Joko Tingkir. Jurnal Basicedu, 3(1), 66–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.77
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru (A. Jay (ed.); 4th ed.). Kata Pena.
Lengari, M. P. E., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. 4(1), 65–74.
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412/0
Parwata, I. M. S., Darsana, I. W., & Meter, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Pkn Siswadi Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.
Prasetyo Widyanto. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3(No. 1), 12.
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329
Razali M. Thaib, & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. 1(2), 216–228.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rusdiyana. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Bermacam- Macam Bentuk Tulang Daun Di Sekolah Dasar. Wahana, XVI, 12–19.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Penidikan (1st ed.). Kencana.
Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2018). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 93. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4464
Setiawan, D. (2017). Pengembangan Model Kurikulum Berorientasi KKNI di FakultasIlmu Sosial Universitas Negeri Medan. 9(2), 112–120. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis%0APengembangan
Setiawati, K. A., Ardana, I. K., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Suartawan, W., Sujana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Sekolah terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. 2. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/13999
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA,cv.
Suhartini, Fauzi, & Darnius, S. (2017). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Denganpendekatan Saintifik di Kelas Tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. 2(1), 159–170.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6
Wahyuni, N. N. S., Putra, D. K. N. S., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Pqrst Berbantuan Media Semi Konkrit Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Gugus I Denpasar Selatan. 2.
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 4(2), 143–152. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index%0AKooperatif
Wijaya, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik, 5(2), 149–159.
Yudi, B., & Purwaningsih, A. (2018). Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Negeri Harapan Jaya 1 Bekasi Utara. VI(1), 1–8.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuniari, D. A. rai, Putra, M., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 8.
Zaenab, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas VI SDN 011 Kembang Harum Indragiri Hulu. Journal Mitra Guru, IV, 413–430.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)