Keefektifan Media Treasure of Science Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Mita Kurnia Ulfah Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Sri Utaminingsih Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Irfai Fathurrohman Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38790

Keywords:

Media Treasure of Science, Kearifan lokal, Pembelajaran tematik

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran, hanya saja pada proses pelaksanaannya tidak semua guru menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang terdiri atas sepuluh langkah pelaksanaan yang meliputi mengumpulkn data, merancang, membuat produk, uji coba awal, revisi, uji coba lapangan, revisi, validasi, revisi akhir, dan diseminasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Adapun instrumen yang digunakan yakni berupa tes tertulis. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan dua metode analisis. Pertama, analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor yang diberikan para ahli terhadap validasi media. Jawaban pada angket validasi ahli menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 4. Kedua, analisis statistik inferensial (uji–t) digunakan menganalisis perbedaan skor pretest dan skor posttest yang diperoleh saat uji lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor 87,5% dengan kategori  layak. Adapun hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 90% dengan kategori layak. Selanjutnya hasil uji efektifitas pada kelas eksperimen diperoleh hasil N-gain 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan hasil N-gain pada kelas kontrol 0,22 kategori rendah, maka dapat disimpulkan bahwa media Treasure of Science berbasis kearifan lokal efektif digunakan dalam pembelajaran tematik.

References

Andriana, E., Vitasari, M., Oktarisa, Y., & Novitasari, D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 186. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2139.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308/202.

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar, 1(2), 131–140. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/panjar/article/download/29722/13200.

Hadi, E. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Masyarakat Desa Pakisrejo Tangunggunung Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1). https://doi.org/10.29100/insp.v17i1.1570.g716.

Hamidah, Q. G., Fadhilah, S. S., & Adi, B. W. (2019). The Development of Thematic Integrative Based Learning Material for Fifth Grade Elementary School. International Journal of Educational Research Review, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.24331/ijere.460596.

Hariyani, Y. (2019). Peran Penting Psikologis terhadap Peserta Didik SD melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.456.

Inayati, I. N., & Trianingsih, R. (2019). Relevansi Pendekatan Pembelajaran Tematik Integratif Di SD/MI dengan Konsep Madrasah/Sekolah Ramah Anak. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 139. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.264.

Istiningsih. (2017). Empowerment of Teachers in Implementing Thematic Learning Method. Journal of Education and Practice, 8(3), 64–70. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25327.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Laduni, I. S. U., Novianti, R., & Febrialismanto. (2017). The Influence of Treasure Pail Game to Kinestetic Intelligence Of 4-5 Yeard Old Children at Paud As-Shifa Citra Tampan Subdistrict Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1(1), 1–12. https://www.neliti.com/publications/206929/pengaruh-permainan-berburu-ember-harta-karun-terhadap-kecerdasan-kinestetik-anak.

Magdalena, I., Ramdhan, S. N., & Luftiyah, V. (2021). Analisis Penilaian Berbasis Fortofolio Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Batujaya Kecamatan Batu Ceper. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 1(1), 97–113. https://doi.org/10.36088/arzusin.v1i1.111.

Munawir, A. (2020). Penguasaan Konsep Arah Mata Angin dengan Metode Treasure Hunt di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(2), 265–272. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/36.

Nafisah, H., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Permainan Berburu Harta Karun Berbasis Karya Seni Lukis untuk Memfasilitasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2245–2255. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1165.

Nuha, U. (2018). Permainan Treasure Hunt sebagai Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamia : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 256. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v7i2.230.

Oktavia, A., & Agustin, H. (2019). Umbul Card: A Traditional Game as Nutrition Education Media among Elementary School Students. International Journal of Educational Research Review, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24331/ijere.646821.

Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529.

Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203.

Putri, W. M., Bakri, F., & Permana, A. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality pada Pokok Bahasan Alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 1. https://doi.org/10.21009/0305010218.

Resti, K. Y. (2021). Kontribusi Metode Treasure Hunt Game dan Kreatifitas Guru terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113920.

Rini, A. P., Suryani, N., & Fadhilah, S. S. (2018). Development of Predict Observe Explain (POE)-based Thematic Teaching Materials. International Journal of Educational Research Review, 25(3), 206–215. https://doi.org/10.15548/jt.v25i3.464.

Safitri, W., Sumardi, S., & Muslihin, H. Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Permainan Fun Outbound Mencari Harta Karun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 96–106. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27201.

Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229. https://doi.org/10.22146/jkn.56926.

Sasmitatias, F., & Kuswanto, H. (2018). The Development of Science Learning Device Based on Serukam Local Culture To Improve Students’ Analytical Skill. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 59–68. https://doi.org/10.24331/ijere.441348.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316.

Sidabutar, Y. A., Ansari, K., & Eviyanti, E. (2017). The Effect of Learning Media and Creative Thinking Ability to Skill of Writing Narative Text for Student in Class V SD Negeri 060841 Medan. International Knowledge Sharing Platform, 8(28), 119–126. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/39239.

Supriyadi, S., & Nur, A. S. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Dan IPA Yang Terintegrasi dengan Nilai Budaya Lokal pada SMP Ypk Tomer. Sarwahita, 16(01), 56–67. https://doi.org/10.21009/sarwahita.161.06.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., & Kelana, J. B. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah P2M Stkip Siliwangi, 7(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2002.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Ulfah, M. K., Utaminingsih, S., & Fathurrohman, I. (2021). Keefektifan Media Treasure of Science Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 493–501. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38790