Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here secara Daring Berbantuan Video Presentasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Authors

  • Luh Putu Susi Widiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39756

Keywords:

Model ETH, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Masih lemahnya kemampuan siswa dalam pencapaian pengetahuan pada dimensi ranah kognitif menalar, menganalisis, dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa SMP antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 414 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang menggunakan empat kelas sebagai sampel, yaitu dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol dengan 83 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPA siswa SMP, terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SMP, dan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa SMP antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional secara daring berbantuan video presentasi. Hasil belajar menunjukkan post-test pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai 80,47, sedangkan post-test pada kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 70,43. Setelah mengukur hasil belajar, selanjutnya dilakukan pengukuran motivasi belajar. Hasil menunjukan pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata motivasi belajar 65,73, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata motivasi belajar 63,63. Maka, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Luh Putu Susi Widiani, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

I Ketut Sudiana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The Role of Motivations and Perceptions on the Retention of Inservice Teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186.

Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354.

Antony, A., & Mudjiran, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8420.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Assunção Flores, M., & Gago, M. (2020). Teacher Education in Times of COVID-19 Pandemic in Portugal: National, Institutional and Pedagogical Responses. Journal of Education for Teaching, 46(4), 507–516. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1799709.

Astuti, R., & Mansurdin, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone is Teacher Here di Kelas IV SDN 02 Bukik Sikumpa Payakumbuh. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3333–3343. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475.

Erly. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone is Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546–555. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.

Helendra, & Sar, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270.

Howard, K. A. S., Ferrari, L., Nota, L., Solberg, V. S. H., & Soresi, S. (2009). The Relation of Cultural Context and Social Relationships to Career Development in Middle School. Journal of Vocational Behavior, 75(2), 100–108. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.06.013.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Meirisa, S. (2021). Penerapan Model Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V pada Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 398 – 403. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1024.

Milawati, M., Pursitasari, I. D., & Tangkas, I. M. (2014). Metode Everyone is Teacher Here pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMAN 1 Marawola. Jurnal Akademika Kimia, 3(2), 86–92. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7785.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.

Morris, D. B., Usher, E. L., & Chen, J. A. (2016). Reconceptualizing the Sources of Teaching Self-Efficacy: a Critical Review of Emerging Literature. Educational Psychology Review, 29(4), 795–833. https://doi.org/10.1007/s10648-016-9378-y.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.

Nugraheni, S. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317.

Nurmalasari, L. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4436.

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.

Prasetyo, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V MI. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 443–451. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.539.

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Buku Ajar Berbantuan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here: Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 47–51. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i2.19249.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dan Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2, 1. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2710/5693.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 43, 22–34.

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643.

Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD dengan Menerapkan Strategi Everyone is a Teacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 18–29. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13706.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Widiani, L. P. S., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Sudiana, I. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here secara Daring Berbantuan Video Presentasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 533–543. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39756