Regulasi Diri dalam Belajar dan Hubungannya dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran

Authors

  • Ni Made Bayantari Universitas Warmadewa
  • Suyasning Hastiko Indonesiani Universitas Warmadewa
  • Putu Indah Budi Apsari Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.51175

Keywords:

Regulasi, diri, stres akademik

Abstract

Regulasi diri dapat mengurangi stres dan frustasi serta mempermudah pelaksanaan strategi pemecahan masalah dimana regulasi diri merupakan proses yang gunakan untuk mengaktifkan dan mempertahankan pikiran, perilaku, dan emosi untuk mencapai tujuan, akan tetapi penyebab stres pada mahasiswa kedokteran bermacam-macam, antara lain tempat tinggal yang jauh dari orangtua/keluarga, finansial, tugas-tugas perkuliahan yang menumpuk, kurangnya manajemen waktu dalam belajar dan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada 156 mahasiswa. Data dianalisis dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rerata skor stress akademik pada mahasisiwa yang regulasi dirinya baik dibandingkan dengan mahasisiwa yang regulasi dirinya kurang. Masing-masing memiliki hubungan signifikansi negatif. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan negatif antara stres akademik dengan regulasi diri dimana semakin tinggi regulasi diri dalam belajar maka semakin rendah tingkat stres akademik. Direkomendasikan bahwa siswa harus mengurangi stres akademik dan meningkatkan pengaturan diri.  

References

Adawiyah, W. (2016). Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Menengah Atas Di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 228–245. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3523.

Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Psikologi Perkembangan. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66–73. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.276.

Amalia, V. R., & Nashori, F. (2021). Hubungan Antara Religiusitas dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(1), 36–55. https://doi.org/10.32923/psc.v3i1.1702.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47.

Andriati, R., Indah, F. P. S., & Yunita, R. (2020). Determinan Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Sudah Bekerja. Edu Masda Journal, 4(2), 145–154. https://doi.org/10.52118/edumasda.v4i2.105.

Ansyah, E. H., Muassamah, H., & Hadi, C. (2019). Tadabbur surat Al-Insyirah untuk menurunkan stres akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.15575/jpib.v2i1.3949.

Atika, Z. A., Rahmi, E., & Pujiastuty, A. (2020). Hubungan Stres dengan Temporomandibular Disorder pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas. Andalas Dental Journal, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.25077/adj.v8i1.193.

Augusto, V. G., Perina, K. C. B., Penha, D. S. G., Santos, D. C. A. D., & Oliveira, V. A. S. (2016). Temporomandibular dysfunction, stress and common mental disorder in university students. Acta Ortopedica Brasileira, 24, 330–333. https://doi.org/10.1590/1413-785220162406162873.

Cantrell, M. L., Meyer, S. L., & Mosack, V. (2017). Effects of simulation on nursing student stress: An integrative review. Journal of Nursing Education, 56(3), 139–144. https://doi.org/10.3928/01484834-20170222-04.

de la Fuente, J., Amate, J., González-Torres, M. C., Artuch, R., García-Torrecillas, J. M., & Fadda, S. (2020). Effects of levels of self-regulation and regulatory teaching on strategies for coping with academic stress in undergraduate students. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00022.

Ekawanti, S., & Mulyana, O. P. (2016). Regulasi diri dengan burnout pada guru. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 113–118. https://doi.org/10.26740/jptt.v6n2.p113-118.

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian diri dan stres akademik mahasiswa tahun pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5303.

Filtri, H. (2017). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Ibu yang Bekerja. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.501.

Gatari, A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79–89. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11739.

Hamzah, B., & Hamzah, R. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa stikes graha medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641.

Hj Ramli, N. H., Alavi, M., Mehrinezhad, S. A., & Ahmadi, A. (2018). Academic stress and self-regulation among university students in Malaysia: Mediator role of mindfulness. Behavioral Sciences, 8(1), 12. https://doi.org/10.3390/bs8010012.

Izzati, I. D. C., Tentama, F., & Suyono, H. (2020). Academic stress scale: a psychometric study for academic stress in senior high school. European Journal of Education Studies, 7(7). https://doi.org/10.46827/ejes.v7i7.3161.

Jeong, E. J., Ferguson, C. J., & Lee, S. J. (2019). Pathological gaming in young adolescents: A longitudinal study focused on academic stress and self-control in South Korea. Journal of Youth and Adolescence, 48, 2333–2342. https://doi.org/10.1007/s10964-019-01065-4.

Kiran, F., & Javaid, A. (2020). Students’ perceptions of factors for academic failure in pre-clinical years of a medical school. JPMA: The Journal of the Pakistan Medical Association, 70(5), 803–808. https://doi.org/10.5455/jpma.19548.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454.

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884.

Maulana, Z. F., Soleha, T. U., Saftarina, F., & Siagian, J. M. C. (2014). Perbedaan Tingkat Stres antara Mahasiswa Tahun Pertama dan Tahun Kedua di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Majority, 3(4). https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/255/253.

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 296–302. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15224.

Nurcahyani, D. I., & Prastuti, E. (2020). Regulasi diri sebagai prediktor stres akademik mahasiswa bekerja paruh waktu. PSIKOVIDYA, 24(2), 94–101. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v24i2.161.

Pangemanan, D., & Bidjuni, H. (2017). Hubungan Regulasi Diri Dengan Semangat Kerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr. Vl Ratumbuysang Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.25165.

Parjianto, J., Yanto, A. D., & Erlita, D. (2021). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Sains Psikologi, 10(2), 118–135. https://doi.org/10.17977/um023v10i22021p118-135.

Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738–749. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5578.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa fakultas psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73–84. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681.

Rahimmatussalisa, R., & Sawitri, D. R. (2015). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Stres Akademik (Studi Pada Siswa Pondok Pesantren Yang Bersekolah Di Sma Futuhiyyah Mranggen Demak). Jurnal EMPATI, 4(2), 26–30. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14977.

Rodameria, A. A., & Ediati, A. (2020). Strategi Koping terhadap Stres dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Empati, 7(3), 886–891. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21743.

Rosa, N. N., Retnaningsih, L. E., & Jannah, M. (2021). Pengaruh strategi koping stres mahasiswa terhadap stres akademik di era pandemi Covid-19. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i2.250.

Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96–106. https://doi.org/10.24854/jpu67.

Shaunessy-Dedrick, E., Suldo, S. M., Roth, R. A., & Fefer, S. A. (2015). Students’ perceptions of factors that contribute to risk and success in accelerated high school courses. The High School Journal, 98(2), 109–137. https://doi.org/10.1353/hsj.2015.0002.

Simbolon, I. (2015). Reaksi stres akademis mahasiswa keperawatan dengan sistem belajar blok di fakultas keperawatan x bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i01.16.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R D. CV Alfabeta.

Zulkhairi, A., & Nurchayati, S. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 145–157. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Bayantari, N. M. ., Indonesiani, S. H. ., & Apsari, P. I. B. (2022). Regulasi Diri dalam Belajar dan Hubungannya dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 609–618. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.51175