Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project based learning pada Mata Kuliah Busana Anak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.57996Keywords:
Lembar Kerja Mahasiswa, Project based learning, Busana AnakAbstract
Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki beberapa pengaruh terhadap pelaksaanaan proses pembelajaran., baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Seiring pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka perlu dilakukan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis project based learning pada mata kuliah Busana Anak, mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap LKM yang telah dikembangkan serta mengukur kelayakan LKM yang sudah dikembangkan. LKM berbasis project based learning mata kuliah Busana Anak dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli dan angket respn mahasiswa. Lembar validasi ahli digunakan untuk menukur kelayakan LKM Busana Anak. Angket respon digunakan untuk mengumpulkan data respon mahasiswa terhadap penggunaan LKM berbasis project based learning pada mata kuliah Busana Anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuanitatif. Hasil penelitian menunjukkan. dinyatakan sangat valid oleh validator. Penilaian ahli materi dan media terhadap lembar kerja mahasiswa berbasis pembelajartan proyek ada mata kuliah busana anak yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian masing-masing sebesar 94,3% dan 92,5%. LKM berbasis project based learning untuk mata kuliah busana anak tersebut juga mendapatkan respon yang positif dari mahaisswa. Hasil rata-rata penilaian respon mahasiswa adalah sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik. Sehingga LKM berbasis project based leaning yang sudah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Busana anak.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mita Yuniati, Ma'rifatun Nashikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)