Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project based Learning pada Mata Kuliah Busana Anak

Penulis

  • Mita Yuniati Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ma'rifatun Nashikhah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.57996

Kata Kunci:

Lembar Kerja Mahasiswa, Project based learning, Busana Anak

Abstrak

Seiring pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka perlu dilakukan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis project based learning pada mata kuliah Busana Anak, mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap LKM yang telah dikembangkan serta mengukur kelayakan LKM yang sudah dikembangkan. LKM berbasis project based learning mata kuliah Busana Anak dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli dan angket respn mahasiswa. Lembar validasi ahli digunakan untuk menukur kelayakan LKM Busana Anak. Angket respon digunakan untuk mengumpulkan data respon mahasiswa terhadap penggunaan LKM berbasis project based learning pada mata kuliah Busana Anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuanitatif. Hasil penelitian menunjukkan. dinyatakan sangat valid oleh validator. Penilaian ahli materi dan media terhadap lembar kerja mahasiswa berbasis pembelajartan proyek ada mata kuliah busana anak yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian masing-masing sebesar 94,3% dan 92,5%. LKM berbasis project based learning untuk mata kuliah busana anak tersebut juga mendapatkan respon yang positif dari mahaisswa. Hasil rata-rata penilaian respon mahasiswa adalah sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik. Sehingga LKM berbasis project based leaning yang sudah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Busana anak.

Referensi

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702.

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074.

Bungsu, P., & Saridewi. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 5(1), 11–20.

Fajarianingtyas, D. A., Hidayat, J. N., & Anekawati, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berorientasi Pemecahan Masalah pada Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi. Eksakta, 6(2), 215–221. https://doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.215-221.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Jainah, Z. O., Riza, M., Muhida, R., Prastyo, Y. D., & Seftiniara, I. N. (2022). Enhancing Hard Skill and Soft Skill Learning by Implementing the MBKM Program. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 165–180. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-10.

Krismona Arsana, I. W. O., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817.

Krisnawati, Y., & Fitriani, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Eksplorasi Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 8–23. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i1.1290.

Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://doi.org/10.30659/jp.17.1.112-126.

Kuppuswamy, R., & Mhakure, D. (2020). Project-based learning in an engineering-design course – developing mechanical- engineering graduates for the world of work. Procedia CIRP, 91, 565–570. https://doi.org/10.1016/J.PROCIR.2020.02.215.

Martahayu, V., & Yuanita. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning Berbatuan E-Learning Pada Materi Manajemen Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3349.

Nelson, N., & Tarigan, I. L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project Based Learning Pada Kuliah Analisis Makanan dan Obat Program Studi Analis Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 136–142. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/682.

Novitasari, Wiyanarti, E., & Jupri. (2018). The Implementation of Project Based Learning To Improve Students Responsibility in Social Studies Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 3(2), 19–32. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/926374.

Nurmi, N., Yunita, A., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1018. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3190.

Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34.

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959.

Raharjo, S., Istiyono, E., Wahyono, S. B., & Puspita, Y. (2022). Implementasi Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemulihan Pembelajaran Pasca Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11274.

Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 407–422. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i3-2.

Riduwan. (2018). Skala pengukuran variable-variabel penelitian. Alfabeta.

Sari, D. K., Wancik, K. A., & Ibrahim, A. R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek Dengan Material Lokal Pada Praktikum Biokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 155–166. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4898.

Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649.

Sukmawati, S., Pasandaran, R. F., & Mufidah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Melalui Pembelajaran Problem Solving Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Statistika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 106–119. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.418.

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Poe Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Topik Fluida Statis. EduFisika, 4(01), 6–13. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6284.

Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 33. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1565.

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena learning loss sebagai dampak pendidikan di masa pandemi covid-19. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology), 5(1), 297–302. https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144.

Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.13875.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).

Yohanes, B., & Sari, D. R. T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. Bioeduin, 11(1), 2338–7173. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Yuniati, M., & Nashikhah, M. (2023). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project based Learning pada Mata Kuliah Busana Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 510–517. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.57996

Terbitan

Bagian

Articles