Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Indonesia Pada Kelas V SD

Authors

  • Arnoldus David Candin Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63157

Keywords:

Project Based Learning, Outdoor Study, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model PjBL berbasis Outdoor Study terhadap keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperiment bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel dengan banyak siswa 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes uraian, dengan jumlah soal 1 butir soal. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan infrensial. Hasil analisis statistik diperoleh bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 74% tergolong kriteria sedang, rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 71% tergolong kriteria sedang. Rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 88% tergolong kriteria tinggi, dan rata-rata post-test kelas kontrol adalah 78% tergolong kriteria sedang. Hasil analisis uji ANAKOVA keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia yakni, Fhitung 42.746 > Ftabel 4.02 pada dk pembilang adalah 1 dan dk penyebut adalah 52 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PjBL berbasis Outdoor Study terhadap keterampilan menulis cerpen berbahasa Indonesia pada kelas V SD.

References

Agustina, L., Kusmiyati, K., & Silver, S. T. E. (2022). Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 2(2), 12–20. https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.1894.

Anitah, S. (2019). Strategi Pembelajaran Muhadatsah. Tarling : Journal of Language Education, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120.

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604.

Bua, A. T., Agustina, D. A., Permatasari, N., Ayuni, M., & Retnaningati, D. (2022). Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 4984–4988. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1144.

Dadan Setiawan, & Yusuf Tri Herlambang. (2022). Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.2041.

Dewi, M. R. P., Sutama, I. M., & ... (2017). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato di Kelas X IPA 8 SMA Negeri 1 Kuta Utara. … Pendidikan Bahasa Dan …, 1.

Dewi, S. L., Asri, I. A. S., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 316–324. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372.

Erdi, P. N., & Padwa, T. R. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. 23–27.

Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Salah Satu Jawaban Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Untuk Menggapai Bonus Demografi. Wacana Didaktika, 5(01), 76–90. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.01.76-90.

Fakhruddin, A. M., Annisa, A., Putri, L. O., & Sudirman, P. R. A. T. (2023). Kompetensi Seorang Guru dalam Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3418–3425. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1021.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2021). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377.

Herlambang, M. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Syair Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar.

Inggriyani, F., & Fazriyah, N. (2017). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 105. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2132.

Irawan, D., & Sukmana, E. (2019). Menulis Cerita Pendek dengan Metode Outdoor Learning Writing Short Stories with the Outdoor Learning Method. 3(1), 9–19.

Isman, M., Sitepu, T., & Rita. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMA. 3(3), 225–234.

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127.

Jatnika, R. (2023). Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatka Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VI SDN Karanganyar 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Lingua Sastra : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 68–80.

Kamiri. (2022). Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa. Journal of Education and Instruction, 5(2), 1–12.

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220.

Lailatunnahar, T. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai Triani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1084–1094.

Lestari, A., Mutmainah, F., Alviani Ishak, K., Delima, R., Sonang Siregar, P., Marta, E., Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Kepeguruan Ilmu Pendidikan Rokania, P., & Pangaraian, P. (2021). Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264–270. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS.

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034.

Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6, 63–82.

Marlinda, N. L. P. M. (2020). Metode Eksperimen Berbantuan Media PhET Dengan Model Pembelajaran PJBL. Sintesa Prosiding, November, 295–300.

Mira Shodiqoh., & Mansyur, M. (2022). Reaktualisasi Project Based Learning Model Dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 144–155. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.134.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747.

Nurdiana. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Bissoloro Kec. Bungaya Kab Gowa. 1–23.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nurkolis, N., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2017). Partisipasi Mahasiswa Geografi Terhadap Pelestarian Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Kajian Kota Hijau (Green Cities). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1515–1519.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586.

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 8.

Rowiya, N., & Natuna, D. A. (2022). Kewibawaan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Era Digital. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 2(1), 1–11.

S, K. F., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen Dan Teks Fabel Untuk Siswa SMP/MTS Yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(3), 421 – 427. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6168.

Sari, N. (2022). Modul Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Berbantuan Gambar Berseri Untuk Meningkatkan HOTS Siswa Kelas XI. Repository Uisu, 2(2).

Suciawati, H. (2020). Pengaruh Model Outdoor Study Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 023905 Binjai Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i1.628.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434.

Sukmaliah, N. E., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2018). Metode Outdoor Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Kecerdasan Sosial. Energies, 6(1), 1–8.

Sylvia, R. (2016). Hubungan self esteem dan motivasi belajar terhadap pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 311–328. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.10.

Tanti, & Muljani, S. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Bumi Dan Antariksa Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Smk Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala Jurnal Pendidikan, X(x), 174–181.

Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524.

Ummul Khair, 2018. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Widiastuti, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1430–1440.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Candin, A. D., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Indonesia Pada Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63157