EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS 4
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15349Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas 4 SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test menunjukan t hitung > t tabel yaitu 10,148 > 2,0281 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif dibanding model Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif.
Referensi
Amir, T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Amir, Taufiq. 2009. Inovasi PendidIkan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arends, L. Richard. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara
Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Depdiknas. 2006. Lampiran Permendiknas No. 22 Tahun 20016 Tentang Standar Proses SD/MI Tahun 2016. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Filsaime,D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis Dan Kreatif.Jakarta : Prestasi Pustaka
Gay, 1987, L.R. 1987. Educational Research. New York: Merrill And Macmillan Pub. And Co.
Hamzah, Ali Dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, M., & Prajono, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Siompu Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 91-103.
Meltzer, (2002), The relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics : A Posible “Hidden Variable in Diagnostic Pretest Score”, American Journal Physics
MULYANINGSIH, R. R. S. S., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2013). Pengaruh Model Problem Solving Berbasis Budaya Lokal Terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).
Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Ngalimun. Strategi Pembelajaran. 2017.Yogyakarta: Dua Satria Offet
Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Nurlaila, N., Suparmi, S., & Sunarno, W. 2013. Pembelajaran Fisika Dengan PBL Menggunakan Problem Solving Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2 (02)
Rahmawati, E. 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII Mtsn Tanjung Tani Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2009/2010 (Doctoral Dissertation, IAIN Walisongo).
Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23-33.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Udin, T., & Hikmah, N. 2014). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1).
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)