Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Kartu Petunjuk terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Penulis

  • Nurul Hikmah
  • Gusti Ayu Mahayukti
  • Sari yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15722

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran TANDUR berbantuan kartu petunjuk terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 170 orang yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dari hasil pengundian terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Data mengenai prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay yang telah valid dan reliable. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan dan sig sebesar dengan taraf signifikasi 5%. Oleh karena itu yang berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan model pembelajaran TANDUR berbantuan kartu petunjuk lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Diterbitkan

2020-03-15

Cara Mengutip

Hikmah, N., Mahayukti, G. A., & yasa, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Kartu Petunjuk terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 98–106. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15722

Terbitan

Bagian

Articles