Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Tata Graha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107Abstrak
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tata graha melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas XI Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Sedangkan objeknya adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran tata graha pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 40% meningkat menjadi 72% pada siklus II, dan 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tata graha sesuai dengan hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata 75,80% meningkat menjadi 88% pada siklus II.
Kata kunci: aktivitas belajar siswa, prestasi belajar, TAI (Team Assisted Individualization).
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha..
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dasripin, Ipin. 2008. Penggunaan Model Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran. Menulis Narasi di Kelas VII SMPNegeri 1 Cigalontang Kab. Bandung. Tesis. Magister pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka. Indonesia.
E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi. Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
M, R. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viiasmp Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan) , 112.
Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2.
Puspitasari, Luki. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) DALAM Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 2.
Ramlan, M. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), VOL. 1 NO. 1.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Soekanto, Soerjono. 1992. Memperkenalkan Sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sharan, S. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.
Tarim, K., & Akdeniz, F. (2007). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 4, Tahun 2018, pp. 412-419 419
Rizky, Ratna Wijayanti.2015 “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods). Edu Stud Math .
Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. IISTE .
Ujiati, Cahyaningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)