Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar

Penulis

  • Prayogi Adinoto Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh varibel bebas (kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan  motivasi belajar) secara parsial dan simultan terhadap variabel terikat (prestasi belajar) siswa, (2) Variabel bebas yang paling dominan  berpengaruh terhadap variabel terikat (prestasi belajar) siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berbentuk kausalitas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN Ihya’ Ulumudin Kabupaten Banyuwangi pada Tahun Pelajaran 2016-2017 dengan jumlah populasi sebanyak 71 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda,uji F statistik dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Varibel bebas secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, (2) Variabel bebas yang paling dominan  berpengaruh terhadap variabel terikat adalah variabel kegiatan awal pembelajaran sebesar 27,04 %, diikuti disiplin belajar sebesar 15,066 % dan motivasi belajar sebesar 14,229 %. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan awal pembelajaran,disiplin belajar dan motivasi belajar harus terus dilakukan dan ditingkatkan kualitasnya dengan sungguh-sungguh dan konsisten untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: prestasi belajar siswa,kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar,motivasi belajar

Referensi

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Agustinah, Armisah, Nurmalisa,Yunisca, Suntoro,Irawan.(2013). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas XI Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran PKN, Jurnal Kultur Demokrasi,Vol 1 No 4 (2013), Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/918/563. Senin 21 Mei 2018 jam 19:36 WIB

Bafadal,Ibrahim. (1992). Supervisi Pengajaran : Teori dan Aplikasinya dalam membina profesionalisme guru. Jakarta : Bumi aksara.

Briggs, L. J., and Wager, W. W. (1981). Handbook of procedures for the design of instruction (2nd ed.) Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Djamarah,Syaiful Bahri. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah,zain,Syaiful Bahri dan Azwan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono,(1994).Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta:Depdikbud.

Dimyati dan Mudjiyono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiyono.(2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dick, W and Carrey, L. (1985). The Systematic Design Instruction. Secon edition. Glenview. Illinois: Scott., Foreman and Company

Farid,Muhammad Miftah ,(2014). Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan lingkungan belajar pada hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik, Diakses dari https://www.researchgate.net//publication/315643189,Senin 21 Mei 2018 jam 20.03 WIB

Gagne dan Briggs. (1979). Pengertian Pembelajaran.

Ghullam Hamdu, Lisa Agustina,(2011).Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya), Jurnal Penelitian PendidikanVol. 12 No. 1, April 2011, Di akses dari http://jurnal.upi.edu/pko/view/1372/pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-pestasi-belajar-ipa-di-sekolah-dasar(studi-kasus-terhadap-siswa--kelas-iv-sdn-tarumanagara-kecamatan-tawang-kota-tasikmalaya). Html. Senin,14 agustus 2017 jam 19:30 WIB

Gie, The Liang. (1988). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Ghozali, Imam.(2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. (2007). Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Badan Penerbit Universitas diponegoro. Semarang.

Hadi,Sutrisno. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset.

Hadi,Sutrisno. (1986). Metodologi Riset. Yogyakarta : Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock,Elizabeth B.(1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.

Kusuma,Laily Zuhaira, Subkhan (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014, Economic Education Analysis Journal, Maret 2015, Di Akses dari https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/eeaj/4693, Senin 21 Mei 2018

Khalsa,SiriNam S. (2007). Pengajaran Disiplin dan Harga Diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: Indeks.

Nasution. (2003). Metode Research, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Prasasty,Aliffia Teja,(2017). Pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan EkonomiVolume 1, No.1, Februari 2017,Diakses dari www.media.neliti.com/media/ publications/168579 ID pengaruh disiplin dan motivasi belajar-t.pdf,Hari Senin 21 Mei 2018 jam 20.45.WIB.

Rangkuti,Freddy.(1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rustaman,N&Rustaman A (2001). Keterampilan bertanya dalam Pembelajaran IPA.Depdiknas.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta. Diakses dari http://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc /7308/UU0202003.htm Hari Senin, 14 Agustus 2017 Jam 21.20 WIB.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Ani. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Santoso,Singgih. (2000). Latihan SPSS Statistik Parmetik. Gramedia, Jakarta

Sardiman,A.M.. (2010). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suharsimi,Arikunto.(2002). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta : Rajawali Press.

Suharsimi,Arikunto.(2004). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta

Suharsimi,Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana,Nana.(1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru algensindo.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.

Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

SMKN Ihya’ Ulumudin.(2016), Pedoman Tata Tertib Siswa SMKN Ihya’ Ulumudin. Banyuwangi.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugandi, Achmad, dkk. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Slameto.(2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Suryabrata,Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Supranto, J. 2001. Statistik teori dan aplikasi. Edisi 6. Jakarta : Erlangga

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Umar,Husein.(2004), Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cetakan ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Winkel WS. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Wiyani,Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas (Teori dan Aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif ). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Uno, Hamzah B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Vani,Stevani,(2015). Analisis Disiplin Kerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 8 Padang, Journal of Economic and Economic Education Vol.4 No.1 (102-108), Diakses dari http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/economica/article/view/625, Senin 21 Mei 2018 jam 22.01WIB.

Zuriah,Nurul. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prerspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.

Diterbitkan

2019-03-05

Cara Mengutip

Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Terbitan

Bagian

Articles