Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator and Explaning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18073Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Agama Hindu siswa kelas IXC semester genap SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran SFE. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 42 orang siswa, 25 siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang didalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SFE dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 73 dengan tingkat ketuntasan belajar 55% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 85 dengan tingkat ketuntasan belajar 95%.
Kata Kunci : Model pembelajaran SFE dan hasil belajar
Referensi
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agustin Tiya, A. A. 2017. Upaya meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaning (SFE) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Bagi Siswa Kelas VIIIC SMP N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Amri Sofan dan Lif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.
Baeti Novita Sari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning (SFE) Untuk Meningkat Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD N Sumbu IV Surakarta Tahin Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Dahlan.1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arkola.
Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dwija, I Wayan. 2005a. Petunjuk Penyusunan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Amlapura: STKIP Agama Hindu.
Dwija, I Wayan-. 2006b. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Bahan Ajar). Amlapura: STKIP Agama Amlapura.
Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA-University Prees Surabaya.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Gama, I Wayan. 2012. “Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu mudah” Artikel Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Lampuyang STKIP Agama Hindu Amlapura. Vol 3. Nomor 1 Januari 2012.
Grianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta.
Hadi, S. 2000. Statistik Jilid I. Yogyakarta: Andi
Hasan, H dan Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ogor: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, J. J. Dan Moedjono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kardi, S. Dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.
Mulyasa, E. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, 1983. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gunung Agung.
Nurkancana dan Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Pudja,Gede. 1985. Pengantar Agama Hindu. Jakarta: Balai Pustaka.
Pidarta, M. 2005. Esensi Agama Hindu. Jakarta: Unesa University Press.
Purwanto, M.N, Ihmed Syarif. 1990. Teknik-Teknik Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Roda Pengetahuan.
Rasyid, Harun. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Cv Wacana Prima.
Rideng, dkk. 2001. “Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan” Makalah Disajikan dalam Seminar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP Kabupaten. Kabupaten Karangasem SLTP Negeri 5 Amlapura 10 Mei 2001.
Rusman, 2011. Model- model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Yatim. 1996.Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rusyan, A. Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung: Bina Budaya.
Sadiman. Arief. S, dkk. 1990. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: CV Rajawali.
Suryabrata, S. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.
Tim Penyusun. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Tini, Ni Kadek. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Ababi Tahun Ajaran 2009/2010. Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Usman, M. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wendra, I Wayan. 2007. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wiradana, I Wayan Gede. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Permainan Rakyat “Megala-gala” untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Nusa Penida. Penelitian Tindakan Kelas (tidak diterbitkan) dalam rangka lomba PTK di Undiksha Singaraja
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)