Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Tolak Peluru Gaya Menyamping pada
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.19399Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar cabang atletik tolak peluru pada siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 4 Bangli Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI AP1 SMK Negeri 4 Bangli Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan di lapangan. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I sampai siklus II yaitu, rata-rata yang diperoleh pada prasiklus 73,40 dengan persentase ketuntasan 56,00% dan adanya peningkatan pada pelaksanaan siklus I rata-rata 76,80 dengan persentase ketuntasan 76,00%. Kemudian adanya peningkatan pada siklus II rata-rata 79,80 dengan persentase ketuntasan mencapai 96,00%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Tolak peluru penggunaan matras dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI AP1 SMK Negeri 4 Bangli Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 serta pembelajaran ini dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai pembelajaran Penjasorkes.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Atletik, Tolak Peluru Gaya Menyamping
Referensi
Arif Syarifudidin, 1990. Pendidikan dan Kesehatan, CV. Baru Jakarta.
Arikunto, Suharsini, 1993. Proposal Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Bineka Cipta Jakarta.
Hasnan Said, 1980. Daya Tahan Sebagai Unsur Utama Pembinaan Kesegaran Jasmani. Balai Pustaka, Jakarta.
Januarno, 1993. Pedoman Dasar Melatih Atletik, Program Pendidikan dan Sistem Sertifikat Pelatihan Atletic PASI, Stadion Media.
Jess Jarver, 1982. Belajar dan Berlatih Atletik, Pionir, Bandung.
Kardiyono. 2017. Pengaruh Latihan Uphill Terhadap Hasil Akselerasi 30 Meter Club Atletik Gelagah Wangi Demak. Sosio Dialektika- Jurnal Ilmu Sosial-Humaniora Vol.2, No.1, Hal. 57-64. Tersedia Pada : https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/SD/article/view/1813.
Karna I Ketut, 1977. Otot dan Gerakan Dalam Olah Raga, Yayasan Ilmu Faal Widya Laksana. Denpasar.
Nala, 1984. Kesegaran Jasmani, Yayasan Ilmu Faal Widya Laksana, Denpasar.
Nasution.S, 1982. Metode Reserch, Jemaar, Bandung.
Pradityana, Karisdha. 2017. Pembelajaran Bermakna dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Kontekstual. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, Vol 8, No.1 Hal. 1-5. Tersedia Pada : https://www.researchgate.net/publication/319299745_pembelajaran_bermakna_dalam_pendidikan_jasmani_di_sekolah_dasar_melalui_pendekatan_kontekstual
Sadoso Sumosarjono, 1986. Pengetahuan Praktis dalam Olahraga. PT.Gramedia, Jakarta.
Saputri, Rina Fifit, M. E. Winarno Mulyani Surendra. 2016. Model Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas VII di SMPN 12 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol. 26 No. 1 Hal. 176-187. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/7741.
Sari, Nur Inda. 2018. Profil Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban Tahun 2017. Simki-Techsain Vol. 02 No. 02 Hal. 1-8. Tersedia Pada : http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/09aa2e90fc9324c751588eb20cc2e0bb.pdf.
Sugiono, 1997. Olahraga dan Penemuan Bakat, Balai Pustaka, Jakarta.
Wati, Rosiana. 2013. Survei Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 01 No. 01 Hal. 144–149. Tersedia Pada : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2817.
W.J.S Poerwodarminta., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka Jakarta.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)