Kontribusi Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32067Kata Kunci:
Kinerja Guru, Kompetensi Profesional, Motivasi KerjaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 41 orang guru yang berstatus PNS. Untuk menentukan banyaknya sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik sampling total dan didapatkan sampel sebanyak 41 orang guru PNS. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Metode non tes yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur kompetensi professional dan motivasi kerja serta menggunakan metode pencatatan dokumen berupa nilai kinerja guru. Teknik analisis data menggunakan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda. Dari hasil analisis diperoleh bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sebesar 33,2%, terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 35,7% dan terdapat kontribusi kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 42,6%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Referensi
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79.
Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.
Effendi, M., & Yogie, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654.
Farhah, A., Ahiri, J., & Ilham, M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326.
Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290.
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.
Immah, F., Sukidin, S., & Kartini, T. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 253. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12493.
Indriyani, Y., & Suparjo. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik , dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Bhakti Praja Kabupaten Batang. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(2), 88–101.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.
Patarai, I., Mustari, & Azis, M. (2018). Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional dan Tingkat Pendidikan terhadap KInerja Guru. Jurnal Mirai Management, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.1234/mirai.v3i2.269.
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970.
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6715.
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Smp. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658.
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.
Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359.
Sopandi, A. (2019). Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017.
Sya’roni, Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785.
Syaidah, U. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)