Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726Kata Kunci:
Effectiveness, Management, Financing, ICTAbstrak
Saat ini dunia pendidikan Indonesia termasuk pendidikan dasar masih menghadapi berbagai persoalan yang sangat serius dan kompleks, mulai dari rendahnya alokasi anggaran dipandang dari sudut bantuan dana dari pemerintah, kurang memadainya penataran pelatihan dalam peningkatan kompetensi profesional guru yang disebabkan oleh masih kecilnya anggaran pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan pembiayaan di MIM Gandatapa, jenis aplikasi yang digunakan, manfaat dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembiayaan pendidikan atas biaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan ke arah yang lebih baik. Diperlukan strategi pengelolaan karena dapat menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang akan dihadapi. Penjelasannya dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan cukup banyak kendala yang dihadapi kepala sekolah. Kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu untuk menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dapat mengakibatkan adanya perubahan kebiasaan kerja.
Referensi
Abidin, A. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi dalam Upaya Peningkatan Mutu (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta Menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87–99. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.95.
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.
Amrizal, A., Bahrun, B., & Yusrizal, Y. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Perguruan Tinggi. Journal of Education Research and Evaluation, 5(4). https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.35434.
AR, M., & Usman, N. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada MTsN Janarata Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), 123–129. http://202.4.186.66/JAP/article/view/2598.
Arrosagaray, M., Gonzálezo, M., Pino, M., & Rodríguez, B. (2019). A Comparative Study of Spanish Adult Students’ Attitudes to ICT in Classroom, Blended and Distance Language Learning Modes. Computers and Education, 134(October 2018), 31–40. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.016.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.
Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in The Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.
Ekowati, T. E., Sunandar, S., & Murniati, N. A. N. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmahkecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1), 1–21. https://doi.org/10.26877/jmp.v9i1.6836.
Hidayati, A. (2010). Evaluasi Pemanfaatan Program Information Communication Technology (ICT) Menggunakan Model CIPP pada Sekolah Menengah di Kota Padang. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 40–46. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2244.
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru tentang TIK terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233.
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264 – 6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827.
Kaniati, R., & Kusmayadi, D. (2018). Upaya Tutor dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Mandiri pada Warga Belajar Paket C di Pkbm Pelita Pratama Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 2(2), 1–15.
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620.
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Lubis, R. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 119–134. https://doi.org/10.30596%2Fintiqad.v13i1.6244.
Margareta, R., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195–204. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p195-204.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1130/938.
Nursmasu. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165–170. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.
Sirojuddin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Berbasis ICT. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.4.
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702.
Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Perencanaan dan Penganggaran. REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 107–111. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v7i1.789.
Umam, Muhamad Khoirul. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115.
van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The Relation between 21st-Century Skills and Digital Skills: A Systematic Literature Review. Computers in Human Behavior, 72, 577–588. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010.
Winarsih, sri. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)