Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43618Kata Kunci:
Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Covid-19Abstrak
Peran orang tua dalam menentukan hasil belajar siswa sangatlah penting. Jika peran orang tua dalam pendidikan kurang baik atau tidak baik bagi anaknya, maka dapat mengakibatkan kurangnya atau bahkan tidak berhasilnya anak dalam proses belajarnya. Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam memberikan edukasi kepada anak yang belum memahami pandemi yang sedang mewabah agar anaknya tetap berdiam diri di rumah, sehingga tidak mudah tertular maupun menularkan virus covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang tua siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 sangatlah besar dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak. Bimbingan, perhatian, motivasi, fasilitas yang diberikan orang tua terhadap anak sangat dibutuhkan oleh anak, terutama pada masa pandemi covid-19 ini.
Referensi
Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid 19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803.
Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.
Anurraga, H. H. (2018). Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi Kasus pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah …. In J+ Plus Unesa (Vol. 7, Issue 3, pp. 1–8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/26468/24241.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170.
Badruttamam, C. A. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. Jurnal Cendekia, 10(02), 123–132. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66.
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367 – 375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464.
Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious, 7(10), 171. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067.
Hanif, N. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–6. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/34.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Hasgimianti, Nirwana, H., & Daharnis. (2017). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa yang Berlatar Belakang Melayu dan Jawa. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 130 – 143. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.062.02.
Jayawardana, H. B. . (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647.
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1–9. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/177.
Marom, K. (2020). Peran Orang Tua dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SD Islam Daarul Muwahidin Semarang. Webinar Series FIP, 28–35. http://conference.upgris.ac.id/index.php/wsfip/article/view/1313.
Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Nurfadhillah, S., Andriyanto, Shadiqa, C. D., Reffaldi, R. R., & Hasri, T. N. (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 177–197. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1290.
Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76.
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806.
Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135.
Pudyastuti, A. T. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873.
Purbawati, C., Rahmawati, L. E., Hidayah, L. N., & Wardani, L. S. P. (2020). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 102–108. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4919.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.
Setiawan, D. P. R. (2020). Correlation of Authoritative Parenting Style and Discipline of Study toward Students’ Mathematics Knowledge Competence. International Journal of Elementary Education, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25972.
Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 dan Online Learning : Apakah Berpengaruh terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 2013? Journal of Industrial Engineering & Management Research ( JIEMAR ), 01(01), 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(1), 1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini di masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)