Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Perilaku Verbal Bullying di Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Wiwin Septina Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54285

Kata Kunci:

Kecerdasan Interpersonal, Perilaku Verbal Bullying, Siswa SD

Abstrak

Verbal bullying merupakan suatu tindakan yang negative atau kekerasan kata-kata yang menindas. Perilaku bullying menyebabkan gejala psikologis, fisik dan emosional. Dampak negatif dalam jangka pendek dan panjang dari perilaku bullying seperti depresi, kecemasan dan harga diri rendah Maraknya perilaku verbal bullying yang terjadi di kalangan peserta didik sehingga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku verbal bullying siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling quota. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Populasi penelitiannya yaitu siswa kelas V berjumlah 44 orang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 24. Hasil pengujian menunjukkan uji korelasi product moment dengan nilai signifikan pada penelitian ini adalah 0,000 kurang dari 0.05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal siswa dan perilaku verbal bullying atau Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan anak mendapatkan pengarahan dan bimbingan orang tua serta guru dalam menumbuh kembangkan kecerdasan interpersonal anak.

Referensi

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021a). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021b). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi, 5(2), 1997 – 2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpb/article/view/5160.

Bili, F. G., & Sugito, S. (2020). Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1644–1654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939.

Dafit, F., Mustika, D., & Ain, S. Q. A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Ekosistem. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.71.

Darnius, S. (2015). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Perilaku Verbal Bullying di SD Negeri 40 Banda Aceh. 1(4), 7–15. https://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7545.

Davaei, M., Gunkel, M., Veglio, V., & Taras, V. (2022). The influence of cultural intelligence and emotional intelligence on conflict occurrence and performance in global virtual teams. Journal of International Management, 28(4), 100969. https://doi.org/10.1016/j.intman.2022.100969.

Dini, J. P. A. U. (2022). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910–2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313.

Fadhlilah, A., & Tias, I. W. U. (2020). Hubungan Verbal Bullying dengan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik SD. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 147–160. https://doi.org/10.23960/jiip.v2i2.21819.

Fitri, N., Sari, R., & Rahayu, N. (2022). Relevansi Verbal Bulliying dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa. 7(1), 60–85. https://doi.org/10.32505/azkiya/.

Gong, Z., D.Reinhardt, J., Han, Z., Ba, Z., & Le, S. (2022). Associations between school bullying and anxiety in children and adolescents from an ethnic autonomous county in China. Psychiatry Research, 314, 114649. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2022.114649.

Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2020). Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2), 160–174. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140.

HS, S., & S, S. (2021). Scientific Approach in Improving Science Learning Activities of Madrasah Ibtidaiyah Students. Middle Eastern Journal of Research in Education and Social Sciences, 2(2), 85–109. https://doi.org/10.47631/mejress.v2i2.227.

Imawati, S., & Herawati, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Tehadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas V di SDN Teluk 02. EDUKASI Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(01), 83–90. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i1.5109.

Johansson, S., Myrberg, E., & Toropova, A. (2022). School bullying: Prevalence and variation in and between school systems in TIMSS 2015. Studies in Educational Evaluation, 74, 101178. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101178.

Kartikosari, R., & Setyawan, I. (2018). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Intensi Perundungan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama H.Isriati Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 182–188. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21682.

Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-Book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68

Lagibu, M., Masaong, A. K., & Haris, I. (2018). Pengaruh kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan sosial terhadap kreativitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(1), 95–102. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/169.

Marela, G., Wahab, A., & Marchira, C. R. (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi remaja SMA Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(1), 43–48. https://doi.org/10.22146/bkm.8183.

Mudiartana, I. M., Margunayasa, I. G., & Divayana, D. G. H. (2021). How is The Development of Valid and Practical Android-Based Local Wisdom Teaching Materials? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 403. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38176.

Mutmainah, Darmiany, & Saputra, H. H. (2022). Hubungan Verbal Bullying Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi Di SDN Gugus Campa Kecamatan Madapangga Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 964–969. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2895.

Nasution, F. S. (2021). Kasus Bullying ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini. MUBTADA: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 4(4), 57–67.

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2016). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Bullying di Sekolah pada Siswa SMP. Indigenous, 13(3), 29–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i1.2318.

Ningtyas, Y., & Jadmiko, R. S. (2021). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Yang Mengalami Perundungan Verbal (Verbal Bullying) Di Kelas 4 Sd Negeri Boro Kecamatan Kedungwaru. Wahana Sekolah Dasar, 29(1), 45–55. https://doi.org/10.17977/um035v29i12021p45-55.

Nugraha, A. B., Dharmayana, I. W., & Sinthia, R. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Bullying. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.79-90.

Nugraha, B., Suharjana, S., & Lumintuarso, R. (2022). Perceptions Of Physical Education Students and Teachers on Physical Education Learning. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 321–329. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.39887.

Nurtika, E. (2019). Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Metode Bermain Peran. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5309.

Okwuduba, E. N., Nwosu, K. C., Okigbo, E. C., Samuel, N. N., & Achugbu, C. (2021). Impact of intrapersonal and interpersonal emotional intelligence and self-directed learning on academic performance among pre-university science students. Heliyon, 7(3), e06611. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06611.

Pasiak, T., Dachrud, M., & Darise, G. N. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Eksistensial-Spiritual dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa IAIN Manado. Journal of Islamic Education Policy, 3(2), 116–124.

Permatasari, T., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2020). Pengaruh Permainan Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Regulasi Emosi Anak. Indonesian Journal of Educational Conseling, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.30653/001.202041.120.

Pfattheicher, S., Nockur, L., Böhm, R., Sassenrath, C., & Petersen, M. B. (2020). The Emotional Path to Action: Empathy Promotes Physical Distancing and Wearing of Face Masks During the COVID-19 Pandemic. Psychological Science, 5, 095679762096442. https://doi.org/10.1177/0956797620964422.

Prasetyo, A. B. . (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. El Tarbawi, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art2.

Putri, L.A.D, Yeti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715–732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438.

Putri, Lidia Anjelina Dey, Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.519.

Saracho, O. N. (2016). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45, 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y.

Saumi, N. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-1. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149 – 155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892.

Sitasari, N. ., Rahmawati, W., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Pengetahuan Mengenai Perundungan Pada Guru di Jakarta Ditinjau Dari Jenjang Mengajar. Media of Teaching Oriented and Children, 4(2), 184–199. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/1260.

Srinivasan, S. P., Arumugam, C., Rangeela, E., & Raghavan, V. (2022). Bullying among children and adolescents in the SAARC countries: A scoping review. Heliyon, 8(7), e09781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09781.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, L. A. T., Sulisnadewi, N. L. K., & Astriani, L. P. N. (2018). Hubungan tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan emosi dan kecenderungan perilaku bullying pada siswa kelas V sekolah dasar negeri. 6(April), 35–40. https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/13903.

Tartila, M. F., & Aulia, L. A.-A. (2021). Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Prososial. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(1), 53–66. https://doi.org/10.35891/jip.v8i1.2649.

Umara, T. W. S., Damawanti, E. N., & Arwansyah, Y. B. (2020). Dampak Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah Gendol Vi Seyegan Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 35–40. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7077.

Widaningtyas, L., & Sugito. (2022). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910–2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313.

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404.

Wiji, W., Rahmi, C., Mulyani, S., & Widhiyanti, T. (2018). The Development of Diagnostic Test for Eliciting Student’s Mental Model About Solubility Equilibria. Jurnal Pengajaran Dan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 23(1).

Yeni, N., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran reggio emilia. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250–259.

Diterbitkan

2022-12-19

Cara Mengutip

Septina, W. ., & Ain, S. Q. . (2022). Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Perilaku Verbal Bullying di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 536–547. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54285

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama