Dampak Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Integritas Diri Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Luh Desy Asri Antari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana3 Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61184

Kata Kunci:

Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Integritas Siswa, Pembelajaran IPAS

Abstrak

Guru mengharapkan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, karena keterampilan tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran. Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa diindikasikan terjadi akibat kurangnya peran guru dalam memberikan pengalaman belajar inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning ditinjau dari keterampilan berpikir kritis dan integritas diri siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen, dengan menggunaan analisis data kuantitatif.  Kemudian penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen the posttest only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dari kelas dengan menggunakan intac group. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Kemudian terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dengan integritas diri terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas IV sekolah dasar. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.

Referensi

Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277.

Ariana, R. M., Rasmawan, R., Sartika, R. P., Hairida, & Erlina. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Pencemaran Air di SMP Pontianak. Jurnal Education and Development, 10(2), 259–268. https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3593.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Fajria, R., Musdi, E., & Permana, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 92–102. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11918.

Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan PJBL Berbasis Steam. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574.

Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 24–47. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2028.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.

Husaini, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). JURNAL MIKROTIK, 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar PGSD, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468.

Lase, N. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693.

Mabruroh, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879.

Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097.

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Sari, D. P., Hidayati, A., Fitria, Y., & Mudjiran, M. (2019). Effect of Pjbl Model and Preliminary Knowledge on Critical Thinking Skills of Grade Iv Students of Kartika Elementary School 1-11 Kota Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 205–210. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i1.56.

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434.

Sholihah, M., & Purwanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik dengan Pendekatan Stem Berbasis Poject Based Learning Materi Energi dan Pemanfaatannya. Jurnal Taman Cendikia, 5(2), 670–685. https://doi.org/10/30738/tc.v5i2.8826.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitiatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Bandung : Alfabeta.

Sukadari, Komalasari, D., Ahmad, D., & Wihaskoro, M. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi. Integritas, 4(1), 217–244. https://doi.org/10.32697/integritas.v4i1.154.

Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(1), 40–48. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33196.

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Maju, 6(1), 80–91. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/309.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 84–98. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98.

Wahyuningtyas, R. S., & Simanjuntak, F. N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Pro-Life, 7(3), 276–287. https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102.

Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908.

Diterbitkan

2023-08-08

Cara Mengutip

Antari, N. L. D. A. ., Nyoman Dantes, & Ida Bagus Putu Arnyana3. (2023). Dampak Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Integritas Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 326–334. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61184

Terbitan

Bagian

Articles