PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA

Ida Ayu Sugiantiningsih, Putu Aditya Antara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap kemampuan berbicara setelah adanya penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Kartika VII-3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dengan 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Kartika VII-3 Singaraja yang berjumlah 18 orang anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi foto dan video. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara setelah adanya penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card, hal ini dapat dilihat dari peningkatan angka rata-rata persentase pada siklus I sebesar 67,08% dengan kriteria sedang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,91% yang berada pada kriteria tinggi. Dengan demikian terjadi peningkatan angka rata-rata persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 14,83%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Kartika VII-3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Singaraja: FIP Undiksha.

-------. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Adi D Tilong. 2014. Lebih dari 40 aktivitas perangsang otak kanan dan kiri anak bisa lebih canggih. Jogjakarta. Diva Press.

Dhieni Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas terbuka

Jasmi. 2014. Tinjauan Pustaka Model Pembelajaran talking Stick. http://digilib.unila.ac.id/500/3/BAB%20II.pdf (Diadaptasi Tanggal 14 September 2018).

Martha. (2015). penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flip chart untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B3 semester II PAUD Kusuma 2 Denpasar (Tidak Diterbitkan). PG PAUD UPP Denpasar.

Sutan, Firmanawaty. 2004. Mahir Matematika Melalui Permainan. Depok: Puspa Swara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukmadiani, Ni Nyoman Rai. 2014. model pembelajaran talking stick berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B TK Hindu Udiana Sari Tunjuk (Tidak Diterbitkan). PG PAUD Univeristas Pendidikan Ganesha.

Suharsimi Arikunto. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yulianti Rani. 2014. Permainan yang meningkatkan kecerdasan anak. Jakarta. Niaga Swadaya




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.