Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Pengenalan Motif Hias Bali Kelas III Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya

Authors

  • Pande Kadek Rama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49657

Keywords:

Pengembangan, Media, Pop-Up Book

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran pada akhirnya mempengaruhi tujuan pendidikan, sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil pengembangan media Pop-Up Book berbasis pengenalan motif hias Bali kelas III pada pembelajaran SBdP di SD. Penelitian ini termasuk kedalan jenis penelitian pengembangan, dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan (R&D). Metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media dan siswa, sedangkan objek penelitian ini yaitu tingkat validitas media. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non-tes berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data satistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop-Up Book motif hias Bali kualitas media yang telah dikembangkan adalah sangat baik dengan rata-rata 5 dari segi materi dan 4,70 dari segi media, respon siswa terhadap media Pop-Up Book yang dikembangkan sangat baik dengan rata-rata 4,57. Maka, media Pop-Up Book yang dikembangkan dapat diterima dan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran SBdP. Implikasi penelitian ini yaitu dengan adanya hasil pengembangan berupa media Pop-Up Book berbasis pengenalan motif hias Bali, diharapkan dapat membantu guru maupun siswa dalam memahamai materi pembelajaran khususnya untuk kelas III semester 2.

References

Adelila, S., & Prawoto, A. (2018). Learning Activities of Students using Developed Innovative Pop-up Book. ANALITIKA, 10(2), 111 – 117. https://doi.org/10.31289/analitika.v10i2.2125. DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v10i2.2125

Anggraini, D., Hasnawati, & Tarmizi, P. (2017). Pelatihan Pembuatan Karya Seni Rupa Melalui Teknik Kolase , Montase Dan Mozaik Pada Guru Di Sdn 67 Kota Bengkulu. Dharma Raflesia Unib, 15(145), 145–154. https://doi.org/10.33369/dr.v15i2.4060. DOI: https://doi.org/10.33369/dr.v15i2.4060

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322

Goestiani, N. M. R. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Pop-Up Book Media on Animal Life Cycle Topic. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39541. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39541

Indrianto, N., & Kurniawati. (2020). Developing Pop-Up Book Based Media To Improve The First Grader Students’ Learning Achievement on The Theme of Natural Event of Min 4 Jember. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 279 – 291. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13836. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13836

Julianto, H., Madjdi, A. H., & Kanzunnudin, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Batik Lasem untuk Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 287. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.30759. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.30759

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Kurniasih, N. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dan Pembelajaran PAI. Atthulab, 3(2), 157–168. https://doi.org/10.1179/1743280412Y.0000000001. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4211

Luh, N., Viana, D., & Kusmariyatni, N. (2020). The Validity of the Pop-Up Book Media on Puberty Topics for Sixth Grade Elementary School. International Journal Of Elementary Education, 4(2), 179–186. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25295. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25295

Malik, M. S. (2020). Analisis Hots, 4C, Literasi, Dan Pendidikan Karakter Dalam Seni Budaya Dan Prakarya MI/SD Kurikulum 2013. ELEMENTARY Islamic Teacher Journal, 8(1), 59–82. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6727. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6727

Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 30–41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Naimah, N., & Setyaningsih, W. (2021). Learning Clean And Healthy Living Behavior With Pop-Up Book And Poster Media On Children Ages 6-12 Years At Elementary School, Malang. Indonesian Midwifery And Health Sciences Journal, 5(2), 174 – 185. https://doi.org/10.20473/imhsj.v5i2.2021.174-185. DOI: https://doi.org/10.20473/imhsj.v5i2.2021.174-185

Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air Dan Peristiwa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nuryana, N., & Sahrir, D. C. (2020). Pelatihan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 bagi Guru di Yayasan Pendidikan Islam Al-Maunah. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 5(1), 1 – 10. https://doi.org/10.30653/002.202051.259. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202051.259

Oktavia, S., Syachruroji, S., & Hendracipta, N. (2022). Developing Wopipopu (Wordless Picture Pop-Up) Book Media On Scientific Learning At Grade 4 Elementary School. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10(3), 669 – 679. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8142. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8142

Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.13127. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.13127

Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Tema 9 Untuk Siswa Kelas IV SD. JURNAL PAJAR (PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN), 6(1), 85 – 92. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Purwanti, K. L. (2017). Penerapan Literasi Lintas Kurikulum Matematika Dalam Pembelajaran Kelas Tinggi Di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun 2016. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 79. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1497. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1497

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Sari, S. A. (2017). The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 12–23. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221. DOI: https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221

Sugiarto, E. (2017). Kearifan Ekologis sebagai Sumber Belajar Seni Rupa: Kajian Ekologi-Seni di Wilayah Pesisir Semarang. Jurnal Imajinasi, 11(2), 135–142. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i2.12815.

Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). Studi Literatur Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. JURNAL EDUCATIO FKIP UNMA, 7(1), 64 – 73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835.

Suparlan. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2), 93–115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104

Tyas, D., & Dian, I. K. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul Journal, 3(2), 64–74. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Werdiningtiyas, R. K., & Rahayunita, C. I. (2017). Analisis pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Gadingkembar 2 Kecamatan Jabung Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(1), 64–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1607.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Rama, P. K. ., & Antara, P. A. (2022). Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Pengenalan Motif Hias Bali Kelas III Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 259–270. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49657

Issue

Section

Articles