PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF

Penulis

  • Sang Ayu Made Sintya Dewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18081

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar PPKn melalui penerapan model pembelajaran quantum berbantuan media audio-visual dan puzzle siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 32 orang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang instrumennya berupa tes objektif. Data hasil belajar PPKn dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar PPKn siswa pada siklus I yaitu 76,6 dengan  M% sebesar 76,6% berada pada kategori sedang dan berada pada interval 65 – 79 dengan kategori sedang. Pada pada siklus II rata-rata hasil belajar PPKn siswa yaitu 88,2 dengan M% sebesar 88,2% dan berada pada interval 80 – 89 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,49 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang (0,30-0,69).  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran quantum berbantuan media audio-visual dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V C semester II tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa.

 

Kata kunci: hasil belajar PPKn, media audio-visual dan puzzle, model pembelajaran quantum

Referensi

Agung, A.A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja

Daud, Y Erni. 2013. Meningkatkan Kemampuan Dalam Menentukan Pikiran Pokok Melalui Model Pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas IV SDN 25 Limboto, (Skripsi) Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

DePorter, B & Mike H. 2016. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Djamarah, S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Indah, Wilis. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong 2. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 02 Tahun 2017.

Kosasih, N. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta

Nyna, A, Parmin & Sudarmin. 2015. “Implementasi Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping Worksheet untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan MIPA Pascasarjana UNNES, Volume 1 No 3 Tahun 2015

Rahayu. Nurhayati, dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Analisa 1 (1) (2013).

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Solikah, Siti, Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperativeintegrated Reading And Composition(CIRC) Dilengkapimedia Handoutuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Siswa Padapokokbahasanminyak Bumikelas X.7 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Urnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 3 Tahun 2014.

Sudaryanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integarted Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bagor pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar Tahun Pelajaran 2013/2104. Skripsi PGSD FKIP UN PGRI Kediri, Kediri.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutarno, Heri, Dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Ptik). Vol. 3 No.1 / Juni 2010.

Wahyu Hartono. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Coopertaive Integrated Reading and Composition) Melalui Strategi Kartu Soal untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 3 Kediri tahun ajaran 2011/2012 Skripsi PGSD FKIP UN PGRI Kediri. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Tersedia: https://jurnal.umroh.ac.id.

Yudasmini. Ni Made, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Gugus Buruan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5, No 1 Tahun 2015.

Diterbitkan

2019-07-03

Cara Mengutip

Sintya Dewi, S. A. M., Arini, N. W., & Wira Bayu, G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18081

Terbitan

Bagian

Articles