PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ni Putu Artini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik bermediakan audio visual terhadap keterampilan menulis pada muatan pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling. Sekolah yang menjadi sampel yaitu SDN 1 Pemaron sebagai kelompok eksperimen dan SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan menulis dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 7,32 dan ttabel (taraf signifikansi 5%) = 2,006. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pendekatan saintifik bermediakan audio visual terhadap keterampilan menulis pada muatan pelajaran bahasa Indonesia. Di samping itu, didapatkan pula bahwa mean kelompok ekperimen adalah 20,14 dan mean kelompok kontrol adalah 14,8. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik bermediakan audio visual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.  Disarankan kepada pihak sekolah untuk mewajibkan media audio visual sebagai salah satu media pembelajaran yang harus diterapkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Audio Visual, Keterampilan Menulis, Saintifik

References

Dewi, Kadek Ayu Sasmita, dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV. E-journal. Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1:2, 7-9.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Giri, Kadek Yondika Yusa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Bermediakan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-journal. Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6, No. 1.

Hasan, Hasmiana. 2016. Penggunaan Media Audio Visual terhadap Ketuntasanbelajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4 Hal. 22-33. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7538.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. “Pendekatan Pembelajaran Saintifik”. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sayidiman. 2012. Penggunaan Media Audio Visual dalam Merangsang Minat Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume II No. 1 Hal. 36-43. Tersedia Pada : http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/download/1583/645.

Sumantri, Made, dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Supriatini. 2017. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra Vol. 1 No.1 Hal. 45–51. Tersedia Pada : http://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastra/article/view/667.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tariasih, dkk. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermediakan Audio-Visual Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS. E-journal. Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1:7.

Tegeh, I Made. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Wicaksono, Andi. 2017. Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH - Vol. 2 No. 1 Hal. 67-78. Tersedia Pada : https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/shahih/article/view/670.

Yunus, Mohamad. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

How to Cite

Artini, N. P. (2019). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18557

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)