Instrumen Tes HOTS Pada Tema Panas dan Perpindahannya Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Satya Sai Artini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.63097

Keywords:

Instrumen Tes, HOTS, Tematik

Abstract

Penerapan tes HOTS masih terbatas, dilihat dari tes yang digunakan guru masih pada ranah C1 sampai C2, sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS belum diterapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrument tes HOTS pada Tema panas dan perpindahnya untuk siswa kelas V SD. Tes yang dikembangkan terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda mengacu pada C4 sampai C6. Model pengembangan yang digunakan adalah formative research yang terdiri atas 3 tahap. Subyek uji coba adalah 40 orang siswa kelas V. Hasil ujicoba menunjukkan semua butir memenuhi validitas isi, koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,95 termasuk dalam kategori tinggi, indeks daya beda perangkat tes perangkat tes 11 butir soal cukup, 19 butir soal baik dan 5 butir soal sangat baik. Taraf kesukaran butir tes yang diperoleh yaitu 17% tergolong mudah, 42% tergolong sedang, dan 37% tergolong sukar. Analisis pengecoh berkisar 5% dengan kriteria baik Hasil probabilitas menunjukkan kemampuan peserta menjawab benar dan salah sama. Peluang butir tes yang cocok diuji meggunakan Teori Respon Butir 2 Parameter Logistik adalah 65,71% butir tes yang cocok. Instrumen Tes HOTS Teman 6 panas dan perpindahanya di kelas V SD yang dihasilkan mampu mengukur kemampuan siswa dan layak digunakan.

References

Aini, D. F. N., & Sulistyani, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.5980.

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084.

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in developing higher-order thinking based online test instrument for biology teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241.

Aprilia, D. A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 52–61. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Baidlowi, M. H., Sunarmi, & Sulisetijono. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Essay Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Struktur Jaringan Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Tumpang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 57 – 65. https://doi.org/10.17977/um052v10i2p57-65.

Candiasa. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.

Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). Pengembangan modul praktikum digital berbasis nature of science (NOS) untuk meningkatkan higher order thinking skill (HOTS). Journal of Education Technology, 3(4), 293–30. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Huang, Y. M., Silitonga, L. M., & Wu, T. T. (2022). Applying a business simulation game in a flipped classroom to enhance engagement, learning achievement, and higher-order thinking skills. Computers & Education, 183, 104494. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104494.

Hutapea, N. M., Saragih, S., & Sakur, S. (2019). Improving Mathematical Communication Skills of SMP Students Through Contextual Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012067

Jansen, T., & Möller, J. (2022). Teacher Judgments in School Exams: Influences of Students’ Lower-Order-Thinking Skills on The Assessment of Students’ Higher-Order-Thinking Skills. Teaching and Teacher Educationeacher Education, 11, 103616. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103616.

Kurniawan, B., Basri K, I., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 312–319. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368.

Kusuma, M. D., Abdurrahman, Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. Journal of Research & Method in Education, 7. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146.

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of explicit higher-order thinking skills instruction on students’ learning of linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.

Rahmawati, D. E., & Trimulyono, G. (2021). ValiditasPengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 141. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p138-147

Rezkillah, I. I., & Haryanto, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17322.

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89 – 100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180.

Saepuloh, D., Sabur, A., Lestari, S., & Uâ, S. (2021). Improving Students’ Critical Thinking and Self-Efficacy by Learning Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning Models. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 495–504. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31029

Setiawan, L., Sulistya Wardani, N., Intan Permana, T., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1068

Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 1311–1323. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2152.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. NVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–9.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 20(2), 1–18. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.463.

Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501

Wulandari, A. I, & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.

Wulandari, Aulia Ika, & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Yu, T., Xu, J., Jiang, Y., Hua, H., Zhou, Y., & Guo, X. (2022). School educational models and child mental health among K-12 students: a scoping review. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s13034-022-00469-8

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Artini, N. P. S. S. ., Suarni, N. K., & Candiasa, I. M. (2023). Instrumen Tes HOTS Pada Tema Panas dan Perpindahannya Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 604–613. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.63097

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)