Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka

Komang Ayu Febiola

Abstract


Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini merupakan kurangnya media pembelajaran yang interaktif saat pembelajaran karena terlihat pada saat observasi yang dilalukan terdapat anak yang masih kurang dalam berhitung, anak bingung mencocokkan lambang bilangan dengan angka, anak masih ragu untuk membilang sesuai dengan urutan angka 1-20 dengan benar, keterbatasan media pembelajaran yang mudah membuat anak merasa bosan dalam berhitung permulaan sehingga pasrtisipasi anak masih tergolong sangat rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1). Merancang media pembelajaran pohon angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK kelompok B, (2). Memahami tingkat kelayakan pada pengguna media pembelajaran pohon angka dari ahli media pembelajaran dan ahli materi, serta mendapat respon pengguna produk yaitu guru kelompok B. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelompok B.. Hasil yang sudah diujicobakan terhadap ahli materi mendapatkan persentase skor 82,50% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil yang didapatkan pada ahli media pembelajaran mendapatkan persentase skor 90,00% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil respon pengguna produk yaitu dari 6 orang guru kelompok B dengan persentase skor 88,50%  dengan keterangan sangat baik. Jadi penggunaan media pembelajaran pohon angka berdampak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak, penelitian ini dapat menambah wawasan guru mengenai media pembelajaran pohon angka yang dapat digunakan disekolah.


Full Text:

PDF

References


Afsari, Y. & A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Pohon Angka Di RA Muslim Kecamatan Bandung Kulon Kota Bnadung. Journal on Education, 01(04), 666. http://jonedu.org/indeks.php/joe/article/view/223/189.

Amaris, Della Ulfa., Rakimahwati., & M. S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Universitas Negeri Padang Jurnal Usia Dini, 4, 10.

Amirdyasari, S. H. (2017).Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di TK Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, 53. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/82484/SHINTA%25HARDIKNA%2520AMIRDYASARI.pdf?sequence=1

Aqib, Z. (2013). Mode-Model Media Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Konteksual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 58. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943/881

Asyhari, A. & H. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Briruni., 5. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/download/100/91%0

Authary, N. (2016). Number sense anak usia dini: suatu investigasi pada aritmetika tahap awal. 1(2), 4. http://103.107.187.25/index.php/bunayya/article/download/2031/1503

Basri, H. (2017). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/download/11054/6741%0A%0A

Budiartini, Desak Putu., Jampel I.N., & Asril., N. . (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/3529/2848%0A%0A

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana, 1(1), 3. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/download/3/1%0A%0A

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Liyana, Astien, M. K. (2019). Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 227. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/178/114%0A%0A

Marfuah, F. & H. H. S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Pohon Angka Di Kelompok B TK Pelangi Aisyiyah Jumantoro. Jurnal AUDI, 2(1), 8. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/download/1679/1483

Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome Melalui Metode Puzzle Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/articl/download/29/27 %0A%0A

Noge, M.D., M. M. & N. E. . (2019). Pengembangan Media Pohon Angka Untuk Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude Kecamatan Jerebu Kabupaten Ngada. Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 5(2), 71. https://www.researchgate.net/publication/338860684_Pengembangan_Media_Pohon_Angka_Untuk_Aspek_Kemampuan_berbahasa_pada_anak_usia_5sampai6_tahun_di_TKK_Negeri_Bunga_Bangsa_Tude_Kecamatan_Jerebuu_Kabupaten_Ngada.pdf?origin=publication_detail

Nurrahmadani, Anizar Ahmad, & Y. (2017). Memperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di TK Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 71. http://www.jim.unysiah.ac.id/paud/article/download/5798/4500

Oktriyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak-Kanak Qatrinada Kecamatan Kotto Tangah Padang. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 86. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/510/376

Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahayu, Made Ayu Nadi, L. P. I. C. I. M. . (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal dan Lambang Bilangan. Media Edukasi, 3(1), 29. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/download/730/643 %0A%0A

Rozalina, L. (2018). Pengembangan Aspek Kognitf Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Permainan Outdoor Di PAUD Harapan Ananda Kota Bengkulu. Skripsi, 4. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2787/1/skripsi lisa roza lina.pdf

Safitri, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Congklak Di Taman Kanak-Kanak Nurul Iman Bandar Lampung. Universitas Lampung. Jurnal PAUD, 6. http://digilib.unila.ac.id/23780/3/Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf%0A%0A

Sagita, E. (2020). Pengaruh Bermain Kereta Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Di TK Babatan Seluma. Skripsi, 7. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4506/1/Skripsi Eli Sagita.pdf

Sarahaswati, L, H. (2019). Mengenal Keaksaraan Di Taman Kanak-Kanak. Bandung : Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak Dan Pendidikan Luar Biasa.

Sholihah, Maret’atush., Afifulloh. M., L. Y. F. (2019). Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompom B Di RA Amin Pakis Malang”. Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 1, 66. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/viewFile/3217/2866%0A%0A

Sudarsana, K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak, 1(1), 42. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/.Purwadita/article/download/8/7

Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alphabeta.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia dini. Jakarta: Kencana.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/113/101

Yuliani, Dwi. Antara. P.A., M. . (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpaud/article/download/11309/12956.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Article Metrics

Abstract view : 3626 times
PDF file view : 2892 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.