DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP PESAN MORAL DAN NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI MOANA

Authors

  • Faridatul Fatriyah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Singgih Adhi Prasetyo Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa siswa sekolah dasar memiliki intensitas waktu yang sering dalam menonton tayangan televisi ketika berada dirumah. Padahal terdapat beberapa tayangan di televisi yang tidak diperuntukan untuk siswa sekolah dasar. Hal tersebut yang menjadikan dasar peneliti untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang ada pada film animasi Moana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tangkap siswa sekolah dasar dalam menangkap pesan moral dan nilai-nilai karakter pada film animasi Moana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitiatif dengan metode diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Penelitian dilaksanakan di lingkungan Desa Pundung Putih Ungaran dengan subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar.Peneliti melakukan analisis terdapat lima belas nilai karakter dari delapan belas nilai karakter acuan yang terkandung dalam film animasi Moana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa setiap siswa dapat menangkap dua sampai enam karakter. Hampir setiap siswa dapat menemukan nilai karakter jujur, kerja keras dan peduli lingkungan dalam film. Kesimpulannya film animasi Moana dapat dijadikan sebagai contoh penanaman nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar dan dapat dijadikan sebagai media dalam mengembangkan nilai-nilai karakter dengan tetap memerlukan pendampingan dari guru dan orangtua.

 

Kata kunci : Nilai karater, Film Moana, Siswa Sekolah Dasar

 

References

Fauzi, A. (2017). Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pusaka.

Ginanjar, D., & Saleh, A. (2020). PENGARUH INTENSITAS MENONTON FILM ANIMASI ADIT SOPO JARWO TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Komunikasi Pembangunan. https://doi.org/10.46937/18202028110

Leonardi Yudistira, Rotinsulu, Hans F. Wowor, S. D. S. K. (2015). ANIMASI 3D SOSIALISASI PENANGANAN RABIES PADA MASYARAKAT DENGAN WATERFALL YANG DISEDERHANAKAN. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, Volume 4,N. https://doi.org/10.35793/jtek.4.4.2015.8970

Nugroho, F. P. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Daya Serap Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pendidikan Dan Ekonomi.

Putry, R. (2019). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF KEMENDIKNAS. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Setiyanto, donik agus. (2015). Pengaruh Intensitas Menonton Televisi dan Pendampingan Orangtua dalam Menonton Televisi Terhadap Kedisiplinan Belajar Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Penyusun Nama NIM : Donik Agus Setiyanto. 1–13.

Agus Wibowo.2017. Pendidikan Karakter: Strategi membangun karakter berperadaban: Pustaka

Pelajar.

Moleong, Lexy J.2013.Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: PT Pemaja Rosda Karya

Munawaroh,Ririn Layfatul dkk.2019. Nilai Karakter dalam Film Harton Hears A Who Sudut

Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal. Vol. 2, No 1

Muslich, Mansur.2011.Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimonsional.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta. Citra Aji

Pramana.

Wibowo A. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Politik Implementasi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kustadi, Cecep dan Bambang Sutjipto.2013.Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Fatriyah, F., Adhi Prasetyo, S., & Ardiyanto, A. (2020). DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP PESAN MORAL DAN NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI MOANA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 303–310. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994