Daya Tangkap Siswa SD dan Orangtua Terhadap Film Animasi Kubo and The Two Strings

Isna Prihatiningtyas, Singgih Adhi Prasetyo, Ari Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyimpangan moral dan karakter pada anak-anak usia sekolah dasar sehingga perlu adanya pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat agar menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film berkarakter, namun tetap dalam pengawasan orang tua dan guru dalam menonton tayangan televisi. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji 18 nilai-nilai karakter yang ada pada film animasi Kubo and the Two Strings. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Kubo and the Two Strings. Jenis penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian deskriptif data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar sehingga tidak menekankan pada angka. Subjek penelitian ini adalah siswa SD dan orangtua di Krajan Selatan 1 Mijen Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan didalam film animasi Kubo And The Two Strings dalam setiap tayangannya mengandung nilai karakter yang dapat ditangkap oleh siswa SD dan orangtua. Didalam film animasi Kubo and the Two Strings memiliki nilai-nilai karakter sebanyak enam nilai karakter. Enam nilai karakter tersebut yaitu (1) Nilai Karakter Disiplin, (2) Nilai Karakter Kreatif, (3) Nilai Karakter Mandiri, (4) Nilai Karakter Bersahabat/Komunikatif, (5) Nilai Karakter Cinta Damai, (6) Nilai Karakter Tanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Isdaryanti, B., Rachman, M., Sukestiyarno, Y. L., Florentinus, T. S., & Widodo, W. (2018). Teachers’ performance in science learning management integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12887.

Lulu’ Aina’ul Mardhiyyah, Ani Rusilowati, dan S. L. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147–154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/12905/7042.

Mufid, F. (2017). Spiritual Teaching Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smk Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 253. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1775.

Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 45–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1462.

Siswati, S., Utomo, C. B., & Mutholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://doaj.org/article/00a9902587ec405e9bc3b30adfbf276c.

Sri Muryaningsih, A. M. (2015). Pengembangan RPP Tematik - Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190–201. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6146.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahnaidi, M. A. Q., & Baroroh, R. U. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Muhammadiyah. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(2), 181–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28999

Article Metrics

Abstract view : 388 times
PDF file view : 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.