Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Kecil Sederhana Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung

Ni Nyoman Sukarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model lansung. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian aspek pengetahuan siswa menggunakan tes. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: 1) pada aspek sikap pada siklus 1 semua anak sudah mencapai kategori baik sedangkan pada siklus 2, kategori amat baik diraih oleh 3 siswa dan kategori baik dicapai oleh 27 siswa. Jadi aspek sikap sudah mencapai tuntas pada siklus 1. 2) aspek pengetahuan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 70% dengan nilai rata-rata 75,6, sedangkan pada siklus 2 baru mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 81,17. Dan 3) aspek keterampilan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 73,33% dengan nilai rata-rata 77,01. Sedangkan pada siklus 2 telah mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 81,68.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Bina Bersaudara Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 44–59.

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 159. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307.

Eka Fitriana Hamsyah, St. Hayatun Nur Abu, G. (2017). Pengaruh Model Pengajaran Langsung dengan Pendekatan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Influence of Direct Teaching Approach Against Metacognitive Learning Outcomes Student Class X S. Jurnal Chemica, 18(1), 10–15.

L, H., & Arsyad, M. N. (2015). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Jurnal Bionature, 16(1), 58–64.

Multasyam, Yani, A., & Ma’ruf. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 298–308. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/328.

Neni Mersita, M. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan Siswa Kelas Xi Ap Smk Ype Nusantara Slawi. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 634–648. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7898.

Ni’mah, R. F. (2006). Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Sekolah Dasar Rizka Faidatun Ni ’ mah. Jurnal JPGSD, 2(1), 1–13.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Rainis. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Rainis. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1247–1254. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7898.

Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836.

Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29065

Article Metrics

Abstract view : 1267 times
PDF file view : 624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.