Penerapan Model Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Putu Gede Widiada SMK Negeri 2 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29068

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran materi Trigonometri terhadap hasil belajar Matematika. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Perhotelan sebanyak 34 orang siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dan setiap sikus terdiri dari tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, pemberian tes hasil belajar dan refleksi. Dalam pengumpulan data digunakan instrumen observasi dan tes. Setelah data yang diharapkan terkumpul semuanya, maka tindakan selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar Matematika. Tiap siklus memperlihatkan ada peningkatan, pada siklus I sebesar 5,98 % dan pada siklus II sebesar 11,72 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran materi Trigonometri dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas X-Perhotelan.

References

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas Vol., 3(1), 1–5.

Dinarto, N. A. (2019). Eam Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Banyuasin 1. Junal Neraca, 3(2), 215–226.

Hajizah, H. (2018). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan teknik jigsaw pada kelas xii ipa 4 sman 1 cikarang pusat. Proceeding of Biology Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/pbe.1-1.7

Hurriyah. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI ( Team Assisted Individualization ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X MIA. Natural Science Journal, 3(1), 328–335. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v3i1.403

I Dewa Ayu Putu Suryati. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Penatih. Vidya Wertta, 2(2), 192–202. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/vidyawertta/article/download/399/322

Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115

Muchamad Ishak, D. S. (2018). Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran TAI. 6, 59–69.

Niken Desy Pratiwi,Ferina Agustin, A. W. (2019). Pengaruh motivasi belajar pada Penerapan model kooperatif tipe team Assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Puri 03 Pati. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 4(1), 9–13.

Nurul Febi Safitri, Sukro, dan S. (2017). Jurnal Riset Pendidikan Kimia Article Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 1–6. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3075/2469

Suasta, I. G. (2016). Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS I. I Gede Suasta, 2, 35–47.

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Widiada, I. P. G. (2020). Penerapan Model Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 311–317. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29068