Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Paryono Paryono SD Negeri 2 Cihirup

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29089

Abstract

Kurangnya penelitian yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan alasan penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas supervise edukatif kolaboratif secara periodik meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan secara siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, dan tanggapan guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif model kolaboratif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan analisis penentuan perencanaan siklus I mendapakan rata-rata keberhasilan yang diperoleh guru adalah 71,98% (cukup), analisis hasil melaksanakan pembelajaran tindakan siklus mendapakan rata-rata keberhasilan guru adalah 72,44% (cukup), hasil analisis hasil menilai prestasi belajar siklus I rata-rata keberhasilan adalah 81, 3% (kualifikas baik). Hasil analisis penentuan perencanaan siklus II mendapakan rata-rata keberhasilan adalah 92,44 % (sangat baik), Hasil analisis melaksanakan pembelajaran tindakan siklus II mendapatkan rata-rata keberhasilan adalah 93,81 % (sangat baik), dan hasil analisis menilai prestasi belajar siklus II mendapatkan rata-rata keberhasilan adalah 90,56 % (kualifikasi sangat baik). Temuan penelitian yaitu peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, peningkatan kinerja guru melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.

References

Ahmad. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Mananjemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.

Aina, & Tuti. (2020). Improving Teacher Performance In Classroom Learning Process Through Collaborative Educational Supervisions In Elementary Schools. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7894.

Anom, A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD Gusti . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443.

Chandra. (2018). Meningkatnya Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Sistematis Dan Terjadwal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.192.

Chasanah. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik DI SD Negeri Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo 2019/2020. Jurnal Literasiologi, 3(3). Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/101.

Dewi. (2020). Pengaruh Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ketha Negara, 8(5). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Kerthanegara/article/view/60139?articlesBySameAuthorPage=3. %0A.

Hanifa. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. Pedagogia: Jurnal Pendidiakan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845.

Latiana, L. (2016). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Jurnal Edukasi, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/951.

Mastra, I. N. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di SD Negeri 26 Ampenan Semester SAtu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v5i2.755.

Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/414

Putri, & Imaniyati. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109.

Rohmah, & Marimin. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Prestasi Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 28–41. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5092.

Samsudin, A. (2004). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA. Perspektif Imu Pendidikan., 33(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.331.8.

Sitasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatka Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1).

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suratno. (2011). Hubungan Antara Kualitas Perencanaan Dan Kinerja Guru Fisika Sma Kabupaten Lombok Timur Pada Pelaksanaan Pembelajaran Semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Educatio Ilmu Kependidikan, 6(1). Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/20.

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028.

Utami, & Hasanah. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.

Wardani, I. G. A. K. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1). Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1015284.

Worotikan. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pekerjaan Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi Pada Smp Katolik Hati Kudus Karombasan Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13709.

Yulianingsih, & Sobandi. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Mamper Jurnal Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105.

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Paryono, P. (2020). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 354–363. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29089