Pengembangan Video Animasi Muatan IPA Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32334Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar cenderung dilakukan hanya dengan memanfaatkan buku ajar, sehingga berakibat pada rendahnya semangat belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancang bangun video animasi muatan IPA berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 3 orang siswa yang dipilih secara asak berdasarkan tinggi, sedang, dan redahnya hasil belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode obsrevasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil dari rancang bangun pengembangan produk berupa teks, audio, gambar dan animasi yang di gabung menjadi produk media pembelajaran yaitu video animasi pada muatan IPA. Selanjutnya hasil uji ahli menunjukkan bahwa pada uji ahli isi materi pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 81,81% dengan kualifikasi “baik”, uji ahli desain pembelajaran memperoleh hasil review yaitu 95,00% dengan kualifikasi “sangat baik”, uji ahli media pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 93,75% dengan kualifikasi “sangat baik” , dan hasil uji perorangan yaitu 88,00% dengan kualifikasi “baik”. Berdasarkan hasil uji ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media vidio animasi muatan IPA berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan sistem pada pencernaan manusia layak untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada siswa sekolah dasar untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi. v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Andhika, M. R. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 54. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01. 598. DOI: https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01.598
Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p329.
Asmiyunda, Guspatni, & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksata Pendidikan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/ um031v6i22020p097. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Faturohma, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. http://dx.doi.org/10.23887 /jeu.v6i2.20294.
Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Terapan, 4(2), 113–118. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p113. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113
Noer, F. F., & Fisabilillah, N. C. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562
Pamungkas, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1405. https://doi.org/10.33578/pjr .v3i6.7904. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7904
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 3(1). http://jurnal.goretanpena.com /index.php/JGE/article/view/339/286.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Basic Education, 1(2), 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Sofnidar, & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761
Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.24036/ 02017117932-0-00. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00
Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH : Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670. DOI: https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670
Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2). https://doi.org/10.15294/JPE.V6I2.17561.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/ jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251—258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.