Pengembangan Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32889Abstract
Wayang merupakan salah terobosan baru dalam proses pengembangan media di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas III sekolah dasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode non tes dengan angket, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Wayang Karton dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (95,45%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (100%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (75,00%) dengan kualifikasi baik dan penilaian siswa melalui uji coba perorangan dengan tujuh orang siswa memperoleh persentase skor (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media wayang karton telah teruji validitasnya sertalayak untuk dibelajarkan kepada siswa kelas III sekolah dasar.
References
Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(8), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449.
Astriyanto, F. K., Istiningsih, G., & Purwati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bima Pandawa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Wayang. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3294. DOI: https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3294
Dewi, T. K., & Yuliana, rina. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10. 1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Faridah, S., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1092. https://doi.org/10. 26740/jrpd.v5n3.p1092-1099. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099
Fujiastuti, A., Wulandari, Y., & Suwartini, I. (2019). Pengembangan Media Flash Berbasis Komik Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.12914. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.12914
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10. 24042/terampil.v7i1.6182.
Iswara, P. (2016). Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359
Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248. DOI: https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248
Kristiono, N. (2018). Pemanfaatan Media Wayang Kertas. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/569/481. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.569
Kurniawan, D. T., Hayati, A. A., & Maryanti, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Profesi Untuk Mengenalkan Jenis Pekerjaan Pada Siswa SD. Jurnal of Islamic Primary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5208. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5208
Larasati, M. M. B. (2021). Kemampuan Menulis Naskah Drama Pentas dengan Menggunakan Media Cerita Rakyat Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10. 31004/edukatif.v3i2.288. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.288
Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408
Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71–79. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/35944/19039. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Mukodas, M., & Mubarock, W. F. (2020). Efektivitas Mendongeng Melalui Media Wayang Kertas Di Rumah Baca Sang Pembelajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398
Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan Dan Tumbuhan) Dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JUrnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/ jpm.v2i2.1028. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Pratiwi, C. P. (2018). Penerapan Media Warek (Wayang Karakter) Untuk Menumbuhkan Nilai Religius Pada Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1047. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1047
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998 /sap.v1i2.1027. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi Pengembangan Media Wayang Kerton Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 163–170. https://doi.org/10. 23819/mimbar-sd.v3i2.4256.
Salamah, E. R. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Ips Materi Tokoh Tokoh Kemerdekaan Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 12(2), 57–65. https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7684.
Saraswati, D. L., Pratama, D., & Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/608.
Sari, D. A., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model Snowball Throwing Berbantu Media Wayang Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(3). http://dx.doi.org/ 10.23887/jlls.v2i3.19496. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19496
Setiani, puspita pebri. (2018). Media Pembelajaran WARTOP (Wayang Karakter Tokoh Pahlawan) Untuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 1(2). https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749. DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749
Sumaryanti, E., & Sabri, T. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Untan, 1(1), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile /24351/75676575985.
Suryanto, E. (2018). Model Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Media Wayang Kancil. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 260. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9663. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9663
Susiani, Pargito, & Jaya, M. T. B. S. (2016). Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Ips Menggunakan Media Wayang Kardus Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 53–60. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/11172.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp. v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361
Tussifa, N. A. B., Fikriyah, & Nurhabibah, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Pada Materi Cerita Fabel Kelas II SDN 1 Grogolkabupaten Cirebon. Jurnal Education and Development, 9(3), 152–158. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJPAUD/article/view/35944/19039.
Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61–74. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/141.
Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Hindu Melalui Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 48. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151
Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(9), 74. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10436.
Zafira, H., & Artharina, F. P. (2017). Pengembangan Media Wayang Tematik Pada Tema Indahnya Negeriku Sebagai Pendukung Scientific Approach Kelas Iv Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1778. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.