Pengembangan Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD

Authors

  • Paulus Pati Badin Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32889

Abstract

Wayang merupakan salah terobosan baru dalam proses pengembangan media di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas III sekolah dasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode non tes dengan angket, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Wayang Karton dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (95,45%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (100%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (75,00%) dengan kualifikasi baik dan penilaian siswa melalui uji coba perorangan dengan tujuh orang siswa memperoleh persentase skor (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media wayang karton telah teruji validitasnya sertalayak untuk dibelajarkan kepada siswa kelas III sekolah dasar.

Author Biographies

Paulus Pati Badin, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(8), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449.

Astriyanto, F. K., Istiningsih, G., & Purwati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bima Pandawa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Wayang. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3294. DOI: https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3294

Dewi, T. K., & Yuliana, rina. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10. 1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Faridah, S., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1092. https://doi.org/10. 26740/jrpd.v5n3.p1092-1099. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099

Fujiastuti, A., Wulandari, Y., & Suwartini, I. (2019). Pengembangan Media Flash Berbasis Komik Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.12914. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.12914

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10. 24042/terampil.v7i1.6182.

Iswara, P. (2016). Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248. DOI: https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248

Kristiono, N. (2018). Pemanfaatan Media Wayang Kertas. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/569/481. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.569

Kurniawan, D. T., Hayati, A. A., & Maryanti, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Profesi Untuk Mengenalkan Jenis Pekerjaan Pada Siswa SD. Jurnal of Islamic Primary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5208. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5208

Larasati, M. M. B. (2021). Kemampuan Menulis Naskah Drama Pentas dengan Menggunakan Media Cerita Rakyat Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10. 31004/edukatif.v3i2.288. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.288

Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408

Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71–79. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/35944/19039. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Mukodas, M., & Mubarock, W. F. (2020). Efektivitas Mendongeng Melalui Media Wayang Kertas Di Rumah Baca Sang Pembelajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2398

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan Dan Tumbuhan) Dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JUrnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/ jpm.v2i2.1028. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028

Pratiwi, C. P. (2018). Penerapan Media Warek (Wayang Karakter) Untuk Menumbuhkan Nilai Religius Pada Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1047. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1047

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998 /sap.v1i2.1027. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi Pengembangan Media Wayang Kerton Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 163–170. https://doi.org/10. 23819/mimbar-sd.v3i2.4256.

Salamah, E. R. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Ips Materi Tokoh Tokoh Kemerdekaan Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 12(2), 57–65. https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7684.

Saraswati, D. L., Pratama, D., & Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/608.

Sari, D. A., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Keefektifan Model Snowball Throwing Berbantu Media Wayang Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman. Journal For Lesson And Learning Studies, 2(3). http://dx.doi.org/ 10.23887/jlls.v2i3.19496. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19496

Setiani, puspita pebri. (2018). Media Pembelajaran WARTOP (Wayang Karakter Tokoh Pahlawan) Untuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 1(2). https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749. DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.9749

Sumaryanti, E., & Sabri, T. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Untan, 1(1), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile /24351/75676575985.

Suryanto, E. (2018). Model Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Media Wayang Kancil. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 260. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9663. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9663

Susiani, Pargito, & Jaya, M. T. B. S. (2016). Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar Ips Menggunakan Media Wayang Kardus Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 53–60. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/11172.

Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp. v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Tussifa, N. A. B., Fikriyah, & Nurhabibah, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Pada Materi Cerita Fabel Kelas II SDN 1 Grogolkabupaten Cirebon. Jurnal Education and Development, 9(3), 152–158. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJPAUD/article/view/35944/19039.

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61–74. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/141.

Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Hindu Melalui Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 48. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1151

Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(9), 74. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10436.

Zafira, H., & Artharina, F. P. (2017). Pengembangan Media Wayang Tematik Pada Tema Indahnya Negeriku Sebagai Pendukung Scientific Approach Kelas Iv Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1778. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1778

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Badin, P. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Pengembangan Media Wayang Karton pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 299–307. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32889