Self-Editing Activities Improve Recount Text Writing Skills

Authors

  • I Komang Janu Prianda Putra Ganesha University of Education
  • Ni Nyoman Padma Dewi Ganesha University of Education
  • Ni Kadek Sintya Dewi Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.34440

Abstract

Saat ini, siswa dituntut untuk menjadi pembelajar mandiri, dan itu menjadi lebih menantang di masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan aktivitas self-editing untuk meningkatkan keterampilan menulis recount teks pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah post-test only control group design. Data dikumpulkan dari siswa kelas X. Ada dua kelas yang dipilih untuk dijadikan sampel penelitian ini. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan tes menulis. Setelah diberikan treatment, siswa diberikan post-test tentang menulis teks recount. Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik penilaian menulis. Hasilnya dibandingkan dan diperiksa untuk mengetahui pengaruh aktivitas self-editing terhadap tulisan siswa. Selanjutnya, effect size diukur untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas self-editing terhadap keterampilan menulis siswa khususnya pada teks recount. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 83,05, dan kelompok kontrol adalah 80,26. Sedangkan simpangan baku pada kelompok eksperimen adalah 5,417, dan kelompok kontrol adalah 5,486. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari aktivitas self-editing terhadap keterampilan menulis siswa, khususnya dalam menulis teks recount

Author Biography

I Komang Janu Prianda Putra, Ganesha University of Education

Students of English Language Education, Ganesha University of Education

References

Attiya, H., Burckhardt, S., Gotsman, A., Morrison, A., Yang, H., & Zawirski, M. (2021). Specification and space complexity of collaborative text editing. Theoretical Computer Science, 855, 141–160. https://doi.org/10.1016/j.tcs.2020.11.046. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tcs.2020.11.046

Bai, B. (2018). Understanding primary school students’ use of self-regulated writing strategies through think-aloud protocols. System, 78, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.07.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2018.07.003

Ebadi, S., & Rahimi, M. (2017). Exploring the impact of online peer-editing using Google Docs on EFL learners’ academic writing skills: a mixed methods study. Computer Assisted Language Learning, 30(8), 787–815. https://doi.org/10.1080/09588221.2017.1363056. DOI: https://doi.org/10.1080/09588221.2017.1363056

Jumasa, M. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris utuk Pembelajaran Teks Recount di MTSN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Makhrus, M., & Cahyani, P. D. (2016). Pelatihan Creative Writhink Pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas. Islamidina Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1325. DOI: https://doi.org/10.30595/islamadina.v18i2.1921

Mawlawi Diab, N. (2010). Effects of peer- versus self-editing on students’ revision of language errors in revised drafts. System, 38(1), 85–95. https://doi.org/10.1016/j.system.2009.12.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2009.12.008

Obisuru, M., & Purbani, W. (2016). Kemampuan menulis bahasa Inggris siswa melalui self-editing and self-correcting berdasarkan analisis kesalahan gramatikal dan kosakata. LingTera, 3(1), 51. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8473. DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8473

Pranata, I. K. A. K. (2013). Penggunaan Teknik 3-P untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5W+1H Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.282. DOI: https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i1.643

Ratnayanti, N. M. D., Jampel, I. N., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Metode Journalist Question (5W1H) Berbantuan Media Foto Pribadi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7004.

Rezaeian, M. (2013). The application of publication guidelines should extend to cover their designing stage and protocol writing. Annals of Epidemiology, 23(12), 815. https://doi.org/10.1016/j.annepidem.2013.06.092. DOI: https://doi.org/10.1016/j.annepidem.2013.06.092

Sianipar, R. B., Sianturi, D. S., Situmorang, S. A., Gulo, P., & Saragih, E. (2020). an Analysis of Recount Text in English Textbooks Used By Tenth Grade Students. Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 120. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.2280. DOI: https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.2280

Sitorus, G. S., & Sipayung, K. (2018). An Error Analysis of Using Phrases in Writing Recount Text at Tenth Grade in SMA Parulian 2 Medan. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 18(1), 74. https://doi.org/10.24167/celt.v18i1.562. DOI: https://doi.org/10.24167/celt.v18i1.562

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyawati, E., & Mustofa, A. (2020). Peer Editing in Efl Writing Classroom. Jurnal Education and …, 8(3), 242–249. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1946.

Sutarmi, N. W., Suharsono, N., & Warpala, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Scaffolding Terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris Dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.897.

Wei, X. (2020). Assessing the metacognitive awareness relevant to L1-to-L2 rhetorical transfer in L2 writing: The cases of Chinese EFL writers across proficiency levels. Assessing Writing, 44. https://doi.org/10.1016/j.asw.2020.100452. DOI: https://doi.org/10.1016/j.asw.2020.100452

Zhang, L. J. (2016). Reflections on the pedagogical imports of western practices for professionalizing ESL/EFL writing and writing-teacher education. Australian Review of Applied Linguistics, 39(3), 203–232. https://doi.org/10.1075/aral.39.3.01zha. DOI: https://doi.org/10.1075/aral.39.3.01zha

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Putra, I. K. J. P., Dewi, N. N. P., & Dewi, N. K. S. (2021). Self-Editing Activities Improve Recount Text Writing Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 138–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.34440

Issue

Section

Articles