Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35582Keywords:
Model PBL, Muatan IPA, Hasil BelajarAbstract
Masih banyaknya siswa yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, khususnya mata pembelajaran IPA berakibat pada kurangnya rasa ingin tahu yang secara tidak langsung juga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus penelitian. Pada tiap siklus penelitian terdapat 4 tahapan pelaksanaan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan metode analisis kuantitatif dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 73,04 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,06. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V.
References
Adhani, A., & Muhammad, M. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII.5 SMPN 8 Tarakan melalui penerapan model penerapan model PBL (problem based learning). Borneo Journal OF Biology Education, 1(2). http://180.250.193.171/index.php/bjbe/article/view/1729 DOI: https://doi.org/10.52222/bjbe.v1i2.1729
Agung, G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Anggraeni, A. D., & Nurani, S. (2018). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru-Guru Sekolah Yayasan Kholifah Masa Depan Depok. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 199. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2578 DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2578
Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258 DOI: https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258
Anugraheni, I., Kristin, F., & Styaningrum, D. Y. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4), 345–358. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/302/131 DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: untuk Guru/Kepada Dan Pengawas Sekolah/Dosen Dan Mahasiswa/Peneliti.
Arta, I., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 264–272. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25435/15620
Degeng, I. N. S., & Hidayah, N. (2015). Academic Engagement. LKiS Pelangi Aksara.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 238–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525/15617
Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/627/554
Fravitasari, A. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 8 Sub Tema 1 Kelas 4. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 157–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15401 DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15401
Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 200–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4 DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA dalam tema 8 kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7). https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/351/155
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Smp Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/126/123
Juliawan, G. A., Putu, L., Mahadewi, P., Rati, N. W., & Tp, J. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10881/6958
Kurniati, O., & Suwanti, V. (2019). Model problem based learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi. 2, 356–363. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/senastek/article/view/130/109 DOI: https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3649
Listiani, W. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas 4. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(6). https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/152/66
Md Juwita Dewi, N., Kt Ngr Semara Putra, D., Ganing, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10657
Mulyani, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Improvement of Biology Learning Outcomes About Respiratory Sy. Jurnal Pendidikan, 29(2), 143–150. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/750/570 DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.750
Nuraini, F. (2017). Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/82/36
Phasa, K. C. (2020). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Cendikia, 04(02), 711–723. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/296/180 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296
Rusyita, L., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Peningkatan proses dan hasil belajar tema 8 subtema 1 muatan IPS melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas 4 SDN Ledok 07 Salatiga semester II tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 603–612. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/348/154 DOI: https://doi.org/10.33654/math.v4i2.86
Sari, T. L., & Koeswanti, H. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Masalah untuk. Journal of Education Action Reseach, 3(2), 153–159. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/17272/10364 DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17272
Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10934/7010
Trianto. (2010). Model Pembelajaran terpadu. PT. Bumi Aksara.
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 889–898. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/482/pdf DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482
Widhiatma, Y. (2017). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Kalinanas 01. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 447–459.
Wijayama, B. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA dan karakter rasa ingin tahu melalui model problem based learning. Jurnal Kependidikan Dasar, 70, 190–198. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23612/10085
Wulandari, O., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10102/4160
Zahrotin, S., & Eka, K. I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis literasi matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 131–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24242/14713
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.