Model Discovery Learning Berbatuan Power Point Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA)

Authors

  • Agis Hizbi Hizbi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Agus Sudarmawan SD N 4 Kampung Baru

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36643

Keywords:

Discovery learning, science learning outcomes,

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA dan kurangnya motivasi siswa dalam mempelajarinya menjadikan sebuah permasalahan dalam proses pembelajaran. Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas  yang dilaksankan dalam 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini kelas 4 SD yang berjumlah 24 orang terdiri 14 laki-laki dan 10 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembeljaran discovery learning pada siswa kelas 4SD. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa prasiklus dengan nilai rata-rata sebesar 61,46 yang berada pada kategori rendah, siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68,13. yang berada pada kategori cukup. Pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,17% dan berada pada kategori tinggi sehingga sudah meningkat. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan model discovery learning yaitu, siswa berperan aktif dalam pembelajaran karena dihadapkan pada permasalahan siswa yang tidak focus dan terkadang ribut dalam proses pembelajaran, pembelajaran bermakna, dan pembelajaran berpusat pada siswa

Author Biographies

Agis Hizbi Hizbi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

Gede Agus Sudarmawan, SD N 4 Kampung Baru

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Ardiani, L. ardian. (2019). Kajian Metode Discovery learning Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa SD Rima. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927. DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695

Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(3), 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995

Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. , 1317(1), 0-5. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144

Erwinda, Darsikin, & Budiarsa, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains Dan Teknologi Tatulako, 4(1), 59–65. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/view/6929. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v4i1.203

Gobel, I., Ahmad, M., & Sudirman, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2526. DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2526

Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7940

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7

Mulia, D. S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. https://doi.org/10.30595/jkp.v9i2.1062.

Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Penerapan Model Discovery learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065 – 1072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Parno. (2015). Effect of Guided Discovery learning model in mastering of Force and Motion subject. Indosesian Journal of Applied Physics, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276. DOI: https://doi.org/10.13057/ijap.v5i02.276

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932. DOI: https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932

Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727

Putra, S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Discovery learning Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11076.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017.

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Rahayu, R. D. Y., & Mawardi, S. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Htiasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110

Suardi. (2010). Penerapan Metode Discovery learning pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Kreatif Tadulako Online, 4(3), 254–261. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5482.

Supriyadi, A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Discovery learning Pembeljaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8), 37–39. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3061.

Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337

Ula, R., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery learning Dengan Media Komik Pada Pembelajaran Garis Dan Sudut Di Smp Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i1.1292.

Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21 – 26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.73. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.62

Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S. (2016). Inquiry-based science comic physics series integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787.

Yuslinda Putri Kusumaningrum. (2018). Penerapan Model Discovery learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil BelajarTemaik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

Hizbi, A. H., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Discovery Learning Berbatuan Power Point Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 393–402. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36643

Issue

Section

Articles